PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS DI MIS AL-HASANAH MEDAN TP. 2019/2020

Rahmat hidayat, Fauzi Lubis, Dwi Putri Oktaviani

Abstract


Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya peningkatan minat belajar siswa kelas IV MIS AL-HASANAH Medan mulai dari pelaksanaan pra tindakan hingga siklus II. (1) Hasil pra tindakan menunjukkan rata-rata nilai individu adalah 25%; (2) Pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan dimana secara individu siswa adalah 55%; (3) Hasil siklus II rata-rata mencapai 80%; (4) Kendala yang dihadapi guru dalam penerapan strategi inkuiri adalah; (a) Kesulitan mengontrol kegiatan dan keberhasilan siswa; (b) Sulitnya merencanakan pembelajaran oleh karena terbentur dengan kebiasaan siswa dalam belajar; (c) Guru kurang mengaplikasikan melalui teknologi.

Keywords


Minat Belajar Siswa, Al-Qur’an Hadits

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewi, Fatimah R (2018). Strategi Belajar dan Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa, Inferensi Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia . Vol. 1 No. 2

Firdaus, M. (2017). Meningkatkan Minat Belajar Siswa menggunakan Metode Pembelajaran Talking Stick dengan Menekankan Task Orientation and Involvement Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Studi di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi 2017: Inferensi Jurnal UIN STS Jambi

Hurlock. (2002). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga

Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif,. Medan: Media Persada

Khalijah, Hasan. (1994). Dimensi-Dimensi Psikoogi Pendidikan. Surabaya: Al-Ikhlas

Lubis, H M. (2016). Takhrij Hadis-Hadis tentang Peserta Didik. Jurnal Almufida Vol. I No. 1

Mahfudh, Salahudin. (1990). Pengantar Psikologi Pendidikan. Surabaya: Bina Ilmu

Marthinus. (2017). Peningkatan Minat Belajar dengan Menggunakan Metode Inkuiri pada Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 11 Kelapuk Toba Sanggau. Jurnal for Research in Mathematic Education: Infrensi

Masitoh dan Tim Laksmi Dewi. (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta: DEPAG RI

Nasution, Farid. (1998). Psikologi Umum. Medan: IAIN Pers

Purwodarminto, WJS. (1984). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Ramayulis. (2001). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Soimin, Aris. (2013). 68 Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Suryani, Nunuk dan Leo Agung. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak

Wahid, Abdul. (1998). Menumbuhkan Minat dan Bakat Anak “dalam Chabib Toha (Eds) PBMPAI di Sekolah Eksistensi dan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islamâ€. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Zainun, B. (1994). Manajemen dan Motivasi Edisi Revisi. Jakarta: Balai Aksara.




DOI: https://doi.org/10.46576/almufida.v4i1.675

Article Metrics

Abstract view : 183 times
PDF – 324 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman



Almufida Indexed by:

    

  

Member Of :

ALMUFIDA : JURNAL ILMU-ILMU KEISLAMAN Published By :
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : almufida@dharmawangsa.ac.id

JURNAL Almufida by Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.