PENGARUH BERBAGAI MACAM EKSTRAK DAUN KANGKUNG, DAUN BAYAM DAN DAUN KUBIS TERHADAP LAJU KEPADATAN POPULASI DAN INDEKS KEANEKARAGAMAN INFUSORIA

Aguswarni Waruwu, Emmy Syafitri, Dwi Tika Afriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh ekstrak daun bayam,kangkung dan kubis dalam peningkatan kepadatan populasi dan indeks keanekaragaman Infusoria. Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2022 sampai 10 Desember 2022 bertempat di Laboratorium Basah Fakultas Perikanan Universitas Dharmawangsa. Metode yang digunakan ddalam penelitian ini adalah metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 4 perlakuan 3 ulangan. Berdasarkan hasil analisis variansi diperoleh hasil bahwa pemberian esktrak daun bayam,daun kangkung dan daun kubis berpengaruh sangat nyata (highly significant) terhadap laju kepadatan Infusoria, nilai tertinggi terdapat pada perlakuan P2 (daun kangkung) yakni dengan populasi P2 sebanyak 113,3 x 10⁴sel/ml sedangkan untuk kepadatan yang terendah yaitu di P3 (daun kubis)) 76 x 10⁴sel/ml. dan indeks keanekaragaman Infusoria yaitu Paramecium sp yang mendominasi dan pertumbuhannnya sangat pesat dengan rata-rata 1.064,96 sel/ml.


Keywords


Bayam; Infusoria Indeks Keragaman; Kangkung; Kepadatan Populasi; Kubis

Full Text:

PDF

References


Abidin, M. 2005. Teknik Budidaya Infusoria Di Dalam Laboratorium. Buletin Teknik Litkayasa Akuakultur, 4(2): 27- 29.

Akbar, F., Mansur, M., Dewi N.S. & Ketut, M.S. 2013. Pengaruh Pemberian Probiotik EM4 dengan Dosis Berbeda terhadap Kelangsungan Hidup Larva Ikan Badut (Amphiprion percula). Jurnal Perikanan Unram, 1(2): 60-69.

Andriani Yuli.2021.Budidaya Pakan alami di Himpunan Petani Gurami Soang (HGPS), Ciamis,Jawa Barat,Indonesia. Universitas Padjajaran.

Darmanto., Darti, S., Adhisa, P., Chumadi. & Mei, R.D. 2000. Budidaya Pakan Alami Untuk Benih Ikan Air Tawar. Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian Instalasi Penelitian Dan Pengkajian Teknologi Pertanian, Jakarta

Das, P., Mandal, S.C., Bhagabati, S.K., Akhtar, M.S. & Singh, S.K. 2012. Important Live Food Organisms And Their Role In Aquacultur. Frontiers in Aquaculture Journal: 69–86.

Dwirastina Mirna. 2014. Inventarisasi Jenis-Jenis Infusoria dengan Media Kangkung Rawa/Air. Pusat Penelitian Pengelolaan Perikanan dan Konservasi Sumberdaya Ikan.

Fitria Syaulian.2018.Pengaruh Pemberian Ekstrak Bayam dengan Dosis yang Berbeda Terhadap Laju Pertumbuhan dan Kepadatan Populasi Infusoria. Universitas Syiah Kuala,Banda Aceh.

Fitriani, Ratna. 2019 Pengaruh pemberian ekstrak Kacang Panjang Dengan Dosis yang Berbeda Terhadap Kepadatan Kultur Infusoria (Kuis).

Fitriani, Violietta. 2019. Pengaruh Pemberian Ekstrak Kacang Panjang Dengan Dosis Yang Berbeda Terhadap Kepadatan Kultur Infusoria. Universitas Tidar Magelang.

Harefa, Laureny Afrilianti. 2022. Efektivitas Penggunaan Jenis Garam dan Salinitas yang Berbeda Terhadap Daya Tetas Artemia Salina. Jurnal Akuakultur Indonesia.universitas Dharmawangsa.

Hia, Aksioman. 2022. Kombinasi Kol,EM4 dan Kulit Pisang Terhadap Tingkat Populasi Kutu Air (Daphnia sp). Universitas Dharmawangsa.

Igo, Natalia. 2020. Penggunaan Batang Pisang Kepok PISANG (Musa paradisiaca formmatypica) Dengan Dosis Berbeda Dalam Menumbuhkan Pakan Alami. Universitas UNDANA.

Insasnni, Laras. 2022. Pengaruh Konsentrasi Probiotik Terhadap Kepadatan dan Komposisi Infusoria Yang di Tumbuhkan Pada Subtrat Daun Pisang (Musa Paradiciaca). Universitas Kristen Satya Wacana.

Komariyah Siti.2018. Chlorella dan Infusoria Terhadap Tingkat Kelulushidupan Larva Depik (Rasbora Tawarensis. Universitas Samudra.

Komariyah Siti.2019.Pertumbuhan Benih Ikan Depik (Rasbora tawarensis) yang Diberi Berbagai Pakan Alami. Universitas Gajah Putih.

Purnama Mera.2016.Skripsi. Pemberian Pakan Alami yang Berbeda Pada Benih Ikan Tawes(Barbonymus gonionotus) Terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup. Universitas Teuku Umar.

Purwadi Wildan.2017. Pertumbuhan dan Kadar Protein pada Tanaman Kangkung Darat (Ipomoea reptanapoir) dengan Pemberian Pupuk Organik cair (POC) Berbahan Dasar Ssabut Kelapa dan Limbah Cair Tahu.Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Purwati Lilik.2021. Penambahan Kangkung Rebus dan Air Rebusannya Pada Media Kultur Infusoria Terhadap Indeks Keragamannya. Universitas PGRI Palembang.




DOI: https://doi.org/10.46576/jai.v3i1.3478

Article Metrics

Abstract view : 104 times
PDF – 114 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aguswarni Waruwu, Emmy Syafitri & Dwi Tika Afriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal AQUACULTURE Indonesia [JAI] telah terindex pada

 

 

JOURNAL CITATION

 

 

JURNAL AQUACULTURE INDONESIA [JAI] published by :

PROGRAM STUDI AKUAKULTUR, FAKULTAS PERIKANAN, UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jai_dw@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal AQUACULTURE Indonesia by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/akuakultur/index