PENGARUH PEMBERIAN BOSTER GROTOP DENGAN DOSIS BERBEDA DALAM PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN GURAMI (Osphronemus gouramy Lac.)

Sadarman Kristian Gea, Bambang Hendra Siswoyo, Uswatul Hasan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian boster grotop dengan dosis berbeda dalam pakan terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan gurami (Osphronemus gouramy Lac.). Penelitian ini dilakukan selama 28 hari pemeliharaan untuk mengetahui pertambahan panjang, peningkatan berat, feed convertion ratio (FCR) kelangsungan hidup dan kualitas air. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 11 Februari sampai dengan 13 Maret 2023. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 Perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang dilakukan adalah dengan pemberian boster grotop dengan dosis berbeda dalam pakan dengan empat taraf yaitu (A) tanpa pemberian boster grotop (kontrol), (B) boster grotop 40g/kg pakan, (C) boster grotop 45g/kg pakan dan (D) boster grotop 50g/kg. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian boster grotop dengan dosis berbeda dalam pakan berpengaruh sangat nyata (Fh > Ft 0,01)  terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan gurami. Perlakuan D dengan dosis boster grotop 50g/kg pakan merupakan perlakuan terbaik untuk pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan gurami yang menghasilkan pertumbuhan berat mutlak (1,32 g), pertumbuhan panjang mutlak (1,21 cm), feed convertion ratio (1.1), dan kelangsungan hidup (96,67%). Kualitas air selama penelitian diperoleh nilai Suhu antara 25-28 ̊C, pH sekitar 7,66 - 8,99, dan kandungan DO berkisar antara 6,00 – 7,21 ppm.


Keywords


Boster Grotop; Ikan Gurami; Kelangsungan Hidup; Pertumbuhan

Full Text:

PDF

References


Abdan, M., Dewiyanti, I. dan Hasri, I. 2017. Aplikasi vitamin c dalam pakan komersil dengan metode oral pada benih ikan pedih (Tor Sp.). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan dan Perikanan Unsyiah. 2(1) : 130-140.

Amal, M.Jr., Pamukas, N.A. dan Mulyadi. 2021. Pengaruh Pemberian Boster Grotop dengan Dosis Berbeda dalam Pakan terhadap Pertumbuhan dan Kelulushidupan Ikan Baung (Hemibagrus nemurus) yang dipelihara di Media Rawa Gambut. Jurnal Perikanan dan Kelautan. 26 (1): 33-39.

Apriani. F., Eva Prasetiyono. E., dan Syaputra. D. 2019. Performa pertumbuhan benih ikan gurami (Osphronemus gouramy) dengan pemberian pakan komersil yang ditambahkan tepung daun gamal (Gliricidia sepium) Terfermentasi. Jurnal Ilmu Perikanan. Program Studi Akuakultur, Universitas Bangka Belitung. 10(2).

Aprilia, P., Karina, S. dan Mellisa, S. 2018. Penambahan suplemen viterna plus pada pakan benih ikan patin (Pangasius sp.). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan dan Perikanan Unsyiah. 3(1) : 66-75.

Bondar, F.Y.W. 2021. Pengaruh padat penebaran dan frekuensi pemberian pakan terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan gurami (Osphronemus Gouramy). [Skripsi]. Universitas Sumatra Utara.

Bookings. U.L., Koniyo. Y., dan Juliana. 2017. Pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan patin siam (Pangasius Hypophthalmus) yang diberi pakan buatan, cacing sutra (Tubifex sp.) dan kombinasi keduanya. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan. Jurusan Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Negeri Gorontalo. 5(3) : 82-89.

Devani, V. 2019. Optimasi komposisi kandungan nutrisi pakan ikan buatan dengan menggunakan fuzzy linear. Jurnal Teknik Industri. 5(1) : 20-26.

Effendie, M.I. 1997. Biologi perikanan. Yayasan Pustaka Nusatantara. Bogor.

Ezraneti, R., Erlangga. dan Marzuki, E. 2018. Fortifikasi probiotik dalam pakan untuk meningkatkan pertumbuhan ikan gurami. Acta Aquatica: Aquatic Sciences Journal. 5(2).

Farhan, M.H. 2021. Pengaruh pemberian grotop dengan dosis dan feeding rate berbeda terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan nila (Oreochromis niloticus). [Skripsi]. Universitas Sumatra Utara.

Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2020. Standar operasional prosedur budidaya ikan gurami (Osphronemus goramy). Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya. (http://kkp.go.id, diakses pada tanggal 27 Januari 2023)

Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2021. Laporan kinerja DJBP. Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya. (http://kkp.go.id, diakses pada tanggal 27 Januari 2023)

Koniyo, Y. 2020. Analisis kualitas air pada lokasi budidaya ikan air tawar di Kecamatan Suwawa Tengah. Jurnal Technopreneur. 8(1) : 52–58.

Kordi, K.M.G.H. 2010. Budidaya ikan lele di kolam terpal. Andi.Yogyakarta.

Mahardhika, N. K., Rejeki, S. dan Elfitasari, T. 2017. Performa pertumbuhan dan kelulushidupan benih ikan patin (Pangasius hypophthalmus) dengan intensitas cahaya yang berbeda. Journal of Aquaculture Management and Technology. 6(4) : 130-138.

Mardhiana, A., Buwono, I.D., Adriani, Y. dan Iskandar. 2017. Suplementasi probiotik komersil pada pakan buatan untuk induksi pertumbuhan ikan lele sangkuriang (Clarias gariepinus). Perikanan dan Kelautan. 8(2): 133-139.

Muzahar. 2020. Endokrinologi ikan. Tanjungpinang : Umrah Press.

Raharjo, A. 2019. Respon pertumbuhan benih ikan gurame (Osphronemus gouramy) dengan pemberian bahan tambahan pakan yang berbeda. [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Palembang. Palembang.

Rahmiati, Amrullah, dan Suryati. 2018. Efektivitas multivitamin vitaliquid dan aminoliquid pada pembesaran ikan nila (Oreochromis niloticus). Sinergitas Multidisiplin ilmu Pengetahuan dan Teknologi. 1: 247-251.

Sihombing, A.R. 2022. Pengaruh pemberian enzim fitase pada kadar protein pakan yang berbeda terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan gurami (Osphronemus gouramy). [Skripsi]. Universitas Sumatera Utara.

Sihombing. P.C. 2018. Pengaruh perbedaan suhu air terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan nila (Oreochromis niloticus). Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara

Silaban, R.N., Adelina, dan Suharman, I. 2021. Pengaruh penggunaan tepung daun kangkung air (Ipomoea Aquatica Forsk.) Yang difermentasi dengan kombucha dalam pakan terhadap pertumbuhan benih ikan gurami (Osphronemus gouramy). Jurnal berkala perikanan terubuk. 49 (2)

Simanjuntak, M., Siregar, R. dan Wanna, C. 2017. Studi pengaruh beberapa jenis pakan terhadap pertumbuhan dan sintasan ikan nila (Oreochromis niloticus).Jurnal Samudra Akuatika 1 (2). Universitas Samudra. Langsa Aceh.

Sinaga. D., Syammaun. U., dan Nurmatias. (2015). Tingkat penggunaan azolla pinnata pada pakan terhadap pertumbuhan ikan nila (Oreochromis niloticus). Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Fakultas Pertanian. Universitas Sumatra Utara.

Suryanti. 2022. Analisis aktivitas enzim protease pada usus benih ikan nila gesit (Oreochromis niloticus). [Skripsi]. Program Pascasarjana, Budidaya Perairan, Universitas Bosowa. Makassar.

Syahrizal, Rustam, Z. dan Hajar, S. 2015. Pemeliharaan ikan gurami (Osphoronemus gouramy Lac.) dalam wadah akuarium diberi pakan cacing sutra (Tubifex sp.) pada strata vertikal. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. Fakultas Pertanian Universitas Batanghari. 15(4).

Utami, R., Pamukas, N.A. dan Mulyadi. 2018. Pengaruh pemberian dosis boster grotop yang berbeda dalam pakan terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan nila merah (Orechromis sp.) yang Dipelihara di Air Payau. Universitas Riau.

Yulintine, Simamora, S.I.A. dan Djauhari, R. 2018. Penetralan pH air kolam tanah gambut untuk budidaya ikan gurami (Osphronemus gouramy). Journal of Tropical Fisheries. 13(2) : 1007-1013

Yunianda, F., tang, U.M. dan Rusliandi. 2020. The effect of grotop boster on the growth and survival rate of baung (Hemibagrus nemurus) in the recirculation system. Universitas Riau. Pekanbaru.

Yusuf, D.H., Suprayadi, M.A. dan Jusadi, D. 2016. Peningkatan kualitas pakan ikan nila berbahan tepung bungkil biji karet melalui suplementasi asam amino. Jurnal Akuakultur Indonesia. 15 (1): 63-69.

Zamroddin. 2020. Analisis Prospek Usaha Perikanan Air Tawar Dan Peranan Dalam Penyerapan Tenaga Kerja Di Kabupaten Kuantan Singingi. [skripsi]. Universitas Islam Riau. Pe




DOI: https://doi.org/10.46576/jai.v3i1.3446

Article Metrics

Abstract view : 109 times
PDF – 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sadarman Kristian Gea, Bambang Hendra Siswoyo & Uswatul Hasan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal AQUACULTURE Indonesia [JAI] telah terindex pada

 

 

JOURNAL CITATION

 

 

JURNAL AQUACULTURE INDONESIA [JAI] published by :

PROGRAM STUDI AKUAKULTUR, FAKULTAS PERIKANAN, UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jai_dw@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal AQUACULTURE Indonesia by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/akuakultur/index