SERANGAN PENYAKIT KUNANG-KUNANG DI PANTI BENIH UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei)

Pohan Panjaitan, Emmy Syafitri

Abstract


Penyakit kunang-kunang terjadi  di panti benih udang vanamei daerah  Kecamatan Pantai Cermin,  Kabupaten Serdang Bedagai  Propinsi Sumatra Utara. Penyakit kunang-kunang termasuk sebagai penyakit yang cukup ganas sehingga   penelitian ini sangat essensial dilakukan untuk mengidentifikasi penyenab serangan penyakit kunang-kunang di panti benih udang. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang serangan penyakit kunang-kunang di panti benih melalui pemeriksaan bakteriologik secars kuantitas dari bakteri penghasil cahaya di media pemeliharaan dan pada tubuh larva udang serta pengukuran parameter fisika dan kimia air media pemeliharaan larva udang.  Penelitian ini dilakukan selama dua bulan yaitu   Juni sampai Juli 2022 di panti benih udang PT.Windu Pertiwi  Pantai Cermin Kiri,  Kecamatan Pantai Cermin,  Kabupaten Serdang Bedagai dan di laboratorium Fakultas Peternakan Universitas HKBP Nomensen Medan Sumatra Utara. Larva udang yang digunakan dalam penelitian ini adalah pasca larva udang vannamei (Litopenaeus vannamei) yang mengalami serangan penyakit kunang-kunang dan larva yang tidak mengalami serangan penyakit kunang-kunang (sebagai pembanding), stadia larva udang yang diamati berkiasar antara pasca larva 5 dan 6. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi berganda dan pengolahan data memakai mikrostat dengan metode stepwise. Bakteri penghasil cahaya ditemukan di air media pemeliharaan dan pada larva udang di panti benih udang yang terserang penyakit kunangg-kunang. Sebaliknya tidak ditemukan di air media pemeliharaan dan pada tubuh larva udang yang tidak terserang penyakit kunang-kunang. Dengan demikian bakteri penghasil cahaya diduga penyebab serangan penyakit kunang-kunang di bak pemeliharaan larva yang terserang penyakit kunang-kungang di panti benih udang tersebt.  Jumlah bakteri penghasil caya di air media pemeliharaan dan di tubuh larva udang dipengaruhi olek konsentrasi bahan  organik dalam air media pemeliharaan larva udang

 


Keywords


Penyakit kunang-kunang; Panti Benih; Larva Udang Vannamei; Bakteri Penghasil Cahaya; Bahan Organik

Full Text:

PDF

References


American Publics Healt Association, American Water Works Association. 1975. Standar methods for examination of water and waste water. 14thrSd. Wasinnton. D.C. 874 p.

Hadietomo, R. S. 1985. Mikrobiologi Dasar. Dalam Praktek. P.T. Gramedia. Jakarta. . Hal 74 p90.

Holt and Krieg. N.R. 2004. Bergey, manual of systematic bacteriology. Volume 1. The Williams and Willkins Co.,Baltimore.

Lavilla Pitogo, C.R., Baticados. M.C.L..,Cruz Laci-enda.E.R.,and Dela Pena L.D. 2000. Occurrence of luminous bacterial diseases of Penaeus monodon larvae in the Philippine. Aquaculture 91 : 1 – 13.

Ruby, E. G., and Morin, J,G. 2019. Luminous enteric bacteria densities and dispersions. Appl. Environ. Microbiol, 23: 530 – 534.

Schwoerbel, J. 1987. Handbooks of Lymnology . John Wiley and Sons. New York. 228 p.

Shilo. M., and Yetinsons. T. 2011. Physiological characteristic underlying the distribution patterns of luminous bacteria in the mediterrane sea and the gulf of ELAT. App. Environ. Microbiol. 38 : 577 – 584.

Stricland, J. O.H., and Parsons.T.R. 1972. A.Practical handbook of seawater analysis. Fisheries Research Board of Canada Bull.2nd Edition. Ottow. Canada




DOI: https://doi.org/10.46576/jai.v2i1.2549

Article Metrics

Abstract view : 189 times
PDF – 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pohan Panjaitan & Emmy Syafitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal AQUACULTURE Indonesia [JAI] telah terindex pada

 

 

JOURNAL CITATION

 

 

JURNAL AQUACULTURE INDONESIA [JAI] published by :

PROGRAM STUDI AKUAKULTUR, FAKULTAS PERIKANAN, UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jai_dw@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Jurnal AQUACULTURE Indonesia by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/akuakultur/index