PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR FOTOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI TEKS IKLAN SMP NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2017-2018

Megawati Nababan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada teks iklan dengan menggunakan media gambar fotografi pada siswa kelas VIII-3 di SMP Negeri 15  Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah, dan Tes hasil belajar siswa pada Teks Iklan pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian diketahui bahwa kemampuan memahami teks iklan telah mencapai 75% (jumlah dari siswa yang berkemampuan sangat baik dengan berkemampuan baik, yakni 42,42 + 33,33 =75%). Sedangkan 27,27% adalah siswa dengan kemampuan cukup Hal ini berarti peserta didik memiliki kemampuan yang cukup khususnya pada materi  teks iklan pada siswa SMP Negeri 15  Medan, hasilnya adalah 75% sudah memiliki kemampuan memahami teks iklan, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan memahami teks iklan siswa sudah baik, maka dapat diambil kesimpulan bahwa siswa kelas VIII-3 Medan di SMP Negeri 15 terjadi peningkatan setelah menggunakan media fotografi khususnya pada materi teks iklan, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil tes belajar siswa pada materi teks iklan mencapai 81,3. Peneliti menyarankan perlunya peserta didik mengembangkan imajinasi serta kreatifitas khususnya pada teks iklan pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Sebab, dalam teks iklan diperlukan pilihan kata-kata yang khas dan memikat yang dapat memancing emosi pembacanya. Karena itu diperlukan latihan secara terus menerus agar keterampilan teks iklan para siswa menjadi lebih baik lagi.

 

Kata Kunci : Teks Iklan, Media Gambar Fotografi.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah Syaiful Bahri dan Aswan Zein. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta

Fatimah, Enung (2008). Psikologi Perkembangan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hurlock, Elizabeth B,(2003). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Erlangga

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Margono, S, (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Muchlisin. 2006. Kematangan Emosi. https://www. Kajian pustaka kematangan.com. Diakses pada tanggal 01 Maret 2017, Jam :2 1.00 Wib

Prayitno. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ridwan, (2012). Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2016). Metode Penelitian. Bandung:Alfabeta

Semi, Atar (2014). Terampil Berdiskusi dan Berdebat. Bandung: Titian Ilmu.

Salahudin, Anas, (2010). Birnbingan & Konseling. Bandung: CV Pustaka Setia.

Semiun, Yustinus (2006). Kesehatan Mental , Yogyakarta: Kanisius.

Syaiful Bahri & Aswan Zain , 2006. Media Pembelajaran. https://www.metode diskusi.com. Diakses pada tanggal 05 April 2017, Jam: 16:56 Wib.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wiramihardja, Surtadjo, (2015). Pengantar Psikologi Abnormal. Bandung PT. Refika Aditama.


Article Metrics

Abstract view : 20 times
PDF – 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index Journal