PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN HOLISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN SENI PATUNG KELAS IX-1 SMP NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Lora Elpina

Abstract


Berdasarkan masalah belajar siswa di SMP Negeri 7 Medan khususnya pada mata pelajaran Seni Budaya maka peneliti bermaksud untuk melaksanakan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan penerapan strategi pembelajaran holistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran Seni Budaya pokok bahasan seni patung terapakan daerah setempat di Kelas IX-1 SMP Negeri 7 Medan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan strategi pembelajaran holistik dalam pembelajaran Seni Budaya pada pokok bahasan seni patung terapan daerah setempat. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IX-1 SMP Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 32 orang siswa. Hasil penelitian ini  ditemukan beberapa hal-hal yang mengalami peningkatan yaitu: sebelum pemberian tindakan, siswa diberikan tes awal pilihan berganda diperoleh kemampuan siswa sebanyak 5 orang dengan ketuntasan belajar 15,62%, dengan rata-rata kelas 45,31. Hal ini menunjukan bahwa siswa pada saat menjawab soal masih rendah. Setelah pemberian tindakan pada saat postes siklus I, diperoleh basil belajar dari 32 siswa terdapat 14 siswa yang tuntas atau sebesar 43,59%, dengan rata-rata kelas 58,43, terjadi peningkatan ketuntasan belajar pada tes awal dan postes I sebesar 27,97%, dan pada siklus I juga belum diperoleh ketuntasan basil belajar secara individu dan klasikal yang maksimal, maka melanjutkan ke siklus II dan diperoleh ketuntasan belajar yaitu dari 32 siswa terdapat 29 orang yang tuntas belajar atau 90,62%, dan rata-rata 79,06, pada siklus ke II ini siswa sudah tuntas untuk memperoleh hasil belajar yang baik maka penelitian ini sampai di sini. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikumpulkan maka dapat disimpulkan Bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran holistik untuk meningkatkan basil belajar siswa khususnya seni patung terapan daerah setempat di SMP Negeri 7 Medan dapat diterima.

 

Kata Kunci : Metode Holistik, Hasil Belajar, Seni Patung.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2000. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Avriatno, Veri. 2003. Cara Mudah Menggambar dengan Pensil. Jakarta : Kawan Pustaka.

Ching, Fracis D. K. 2002. Menggambar Suatu Proses Kreatif. Jakarta : Erlangga.

Dharsono. 2004. Seni Rupa Modern. Bandung: Rekayasa Sains.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Erwin, dkk. 2012. Penggunaan SOP (Struktur Orientasi Prosedur) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Seni Rupa. (Laporan Akhir Penelitian Dosen Madya). Padang : FBS UNP.

Hagen, Uta, 2002. A. Challenge For the Actor. New York : Scribner.

Muhibbin Syah. 2010.Psikologi Pendidikan. PT Remaja Posdakarya Offset: Bandung

Poerwadarminta. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Sardiman, AM. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Susanto. Mikke. 2011. Diksi Rupa. Yogyakarta : Kanisius.

Toekio, M. Soegeng. 2002. Mengenal Ragam Hias Indonesia. Bandung:Angkasa.

Wardhani, I GAK, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF – 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index Journal