PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS VIII-5 IPA SMP NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Ukurta Br. Sinuraya

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan  hasil  belajar  siswa  pada mata pelajaran IPA materi sistem pernapasan setelah diterapkannya strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange kelas VIII-5 SMP Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menerapkan sterategi pembelajaran Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materi sistem pernapasan kelas VIII-5 SMP Negeri 7 Medan.  Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), untuk lebih jelas, berikut gambar pelaksanaan penelitian tindakan kelas. Dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terlebih dahulu diawali dengan penelitian survey atau deskriptif. Adapun metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, teknik analisis data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh jumlah siswa sebanyak 28 siswa yang mencapai ketuntasan klasikal (93.33%). Meskipun telah mencapai tingkat ketuntasan klasikal penelitian akan dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II diperoleh jumlah siswa sebanyak 26 siswa yang mencapai ketuntasan klasikal (86.67%). Pada siklus III diperoleh jumlah siswa sebanyak 29 siswa yang mencapai ketuntasan  klasikal (96.67%).  Karena tingkat ketuntasan klasikal telah ditetapkan sudah memuaskan, maka siklus pembelajaran ini dihentikan. Berdasarkan hasil belajar yang diperoleh terlihat bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran rotating trio exchange dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran rotating trio exchange sangat cocok diterapkan pada siswa/siswi SMP  Negeri 7 Medan.

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Akhmad Sudrajat. (2007). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

BSNP. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono. 2013.Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Djamarah, S.B. (2006). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta. Jakarta.

Depdiknas .(2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan Nasional.

Hamalik, Oemar.(2010). Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta;Bumi Aksara.

Melvin L. Silberman, (2006) Active learning 101 Cara Belajar siswa aktif, (Bandung: Nuansa, hal.238-239

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja pressindo. Yogyakarta.

Purwanto. (2008). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Sudjoko, (2001). Membantu Siswa Belajar IPA. Yogyakarta: UNY.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v6i1.1185

Article Metrics

Abstract view : 161 times
PDF – 122 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan



Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:

 

Member Of :

 

Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:

FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.