UPAYA PENERAPAN MEDIA DINDING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI TENIS MEJA SISWA KELAS VII-2 SMP NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Tumbur Tamba

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan media dinding siswa kelas VII-2 SMP Negeri 7 Medan  Tahun Ajaran 2018/2019 yang Apakah  penerapan  media  dinding  dapat  meningkatkan hasil belajar pada materi tenis meja siswa kelas VII-2 SMP Negeri 7 Medan  Tahun Ajaran 2018/2019 ? Pendekatan penelitian ini dilakukan berdasarkan paradigma naturalistik-kualitatif yang mengacu pada kondisi lingkungan alamiah (natural), sebab mengkaji fenomena yang lebih banyak berasal dari setting/contexts alamiah yang berpengaruh dalam memberikan arti/pengertian. Pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan pemahaman siswa dalam belajar penjas yang diukur dengan hasil jawaban siswa terhadap pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang telah disampaikan dari setiap siklusnya mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai siswa. Pada siklus I rata-rata siswa mencapai 66,82; pada siklus II mencapai 78,91. Di samping itu dilihat dari ketuntasan belajar siswa juga terjadi peningkatan dari 58,82% pada siklus 1 meningkat jadi 89,74% pada siklus ke II yang sekaligus menunjukkan bahwa pembelajaran telah tuntas. Sesuai dengan penelitian ini, peneliti menyarankan kepada para guru pelajaran penjas khususnya, untuk memanfaatkan berbagai media, model, dan teknik pembelajaran. Dalam hal ini menggunakan media dinding khusunya materi tenis meja untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, (2013). Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Agus Suyatna. (2011). Model Pembelajaran PAIKEM. Universitas Lampung. Bandar Lampung

Anni, Catharina Tri, dkk. (2006). Psikologi Belajar. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

BSNP. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono, (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta.

Joko Supriyanto, (2002). Gembira Berolahraga 5 Untuk Kelas V SD dan MI. Surakarta: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Mungin-Edy W. (2008). BNSP KTSP SD. Depdiknas.

Murniasari. (2008). Atletik. Jakarta: Ganeka.

Mulyasa. (2009). Praktik PTK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Munadi, Yudhi. (2010). Media Pembelajaran “Sebuah Pendekatan Baruâ€. Jakarta: Gaung Persada Press.

Permendiknas, (2006), Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesian No: 22,23,24, Tahun 2006 dan Lampiran Untuk Tingkat Sekolah Dasar, Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Sanjaya, Wina. (2010). Penelitian Tindakan Kelas Cetakan II. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutarmin, (2007), Terampil Berolahraga Tenis Meja. Surakarta : Era Intermedia.

Toto Subroto, (2008), Strategi Pembelajaran Penjas. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v6i1.1178

Article Metrics

Abstract view : 137 times
PDF – 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan



Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:

 

Member Of :

 

Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:

FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.