Konsep Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Civil Society

H. Zainal Arifin

Abstract


Masyarakat madani adalah masyarakat yang beradab yang selalu menjunjung tinggi konsep pendidikan menuju masyarakat madani dan prinsip-prinsip masyarakat yang beradab yang telah diuraikan dalam pembahasan, yaitu: Keadilan sosial, Egalitarianisme, Pluralisme, Supremasi hukum. Masyarakat madani dalam pendidikan islam adalah pelaku atau subyek pendidikan untuk mewujudkan pendidikan islam yang beradab. konsep transformasi pendidikan Islam di Indonesia untuk menuju masyarakat madanI selayaknya; (a) pendidikan harus menuju pada integritas antara ilmu agama dan ilmu umum untuk tidak melahirkan jurang pemisah antara ilmu agama dan ilmu bukan agama, (b) pendidikan menuju tercapainya sikap dan perilaku toleransi, lapang dada dalam berbagai hal dan bidang, terutama toleran dalam perbedaan pendapat dan penafsiran ajaran Islam, tanpa melepaskan pendapat atau prinsipnya yang diyakini, (c) pendidikan yang mampu menumbuhkan kemampuan untuk berswadaya dan mandiri dalam kehidupan, (d) pendidikan yang menumbuhkan ethos kerja, mempunyai aspirasi pada kerja, disiplin dan jujur, dan (e) pendidikan Islam harus didisain untuk mampu menjawab tantangan masyarakat madani.



DOI: https://doi.org/10.46576/almufida.v2i1.87

Article Metrics

Abstract view : 901 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 850 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Almufida



Almufida Indexed by:

    

  

Member Of :

ALMUFIDA : JURNAL ILMU-ILMU KEISLAMAN Published By :
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : almufida@dharmawangsa.ac.id

JURNAL Almufida by Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.