IMPLEMENTASI STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL DAN MENENGAH DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN (SAK EMKM) PADA GALLERY FIKA FLOWER KOTA MEDAN

Mutia Pradita, Ratna Dina Marviana, Dewi Wahyuni

Abstract


Akuntansi adalah aspek penting dalam manajemen keuangan bagi berbagai jenis usaha, baik jasa, dagang, maupun manufaktur. Dengan penerapan akuntansi yang tepat, pemilik usaha dapat mengawasi perkembangan bisnis, struktur modal, dan menghitung keuntungan dengan efisien. Namun, proses penyusunan laporan keuangan melibatkan berbagai prosedur yang memerlukan pemahaman mendalam tentang standar akuntansi yang berlaku, seperti Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tujuan mengevaluasi penerapan SAK EMKM pada UMKM Gallery Fika Flower. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM ini belum sepenuhnya memahami dan menerapkan SAK EMKM dalam penyusunan laporan keuangannya. Implementasi SAK EMKM dapat memberikan manfaat penting bagi pengambilan keputusan yang lebih baik dan perkembangan bisnis yang lebih optimal. Namun, kendala utama yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman tentang standar akuntansi dan kurangnya tenaga akuntansi yang terlatih. Oleh karena itu, pelatihan khusus tentang penyusunan laporan keuangan sesuai dengan SAK EMKM sangat diperlukan untuk meningkatkan pemahaman dan praktik akuntansi di UMKM Gallery Fika Flower.


Keywords


Laporan keuangan, Akuntansi, Gallery Fika

Full Text:

PDF

References


Prenadamedia Group, 300.

Abidin, M. S. 2020. Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM) dalam penyusunan laporan keuangan

Amir Hasan & Gusnardi. 2018. PROSPEK IMPLEMENTASI STANDAR AKUNTANSI: Entitas Mikro, Kecil dan Menengah Berbasis Kualitas Laporan Keuangan Yang Berlaku Efektif Per 1 Januari 2018. Bandung: The Sadari Institute (SADARIPRESS).

CV. Nata Karya

Danang Sunyoto. 2019, Statistik Ekonomi Induktif (cetakan1), Jakarta: Indeks.

Feny, Rita, Fiantika, dkk. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif. Padang, Pt.GET Hidayat wastam wahyu 2018, Dasar-dasar Analisa laporan keuangan. Jakarta.

Handayani, R A. 2018. SAK EMKM pada usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kab Luwu (Studi Kasus UMKM Farhan Cake’s). Makasar: Skirpsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeritas Muhammdiyah Makasar.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2015. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akun Akuntabilitas Publik. Dewan Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2016. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan Indonesia.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2018. SAK EMKM Efektif Per 1 Januari 2018.

Janna Miftahul 2021. Laporan keuangan. Gowa. Makalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universita Islam Negeri Makassar.

Kasmir, 2018, Analisis Laporan Keuangan, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kementrian Koperasi dan UMKM. 2018. Pengembangan data mikro kecil dan menengah. Jakarta.

Marwati, 2018. Penerapan Standar Akuntansi Keuangan pada uaha Mikro Kecil dan Menengah Pada Penyusunan Laporan Keuangan UD. Sakiah Jaya. Makasar: Skirpsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeritas Muhammdiyah Makasar.

Sathvika Ni Kadek Dhigek 2022. Analisis Penerapan SAK EMKM Pada Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Di Desa Dalung Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Bandung. Skripsi Politeknik Negeri Bali.

Satria Dy Ilham. 2016. Akuntansi Keuangan 1. Modul Universitas Malikussaleh. Sidiq umar, 2019, Metode Penelitian Kualitatif diiBidang Pendidikan. Ponorogo:

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Alfabeta, 275

Thian Alexander 2022, Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarya. Andi Offset.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2018 tentang UMKM, Bab IV pasal 6.Uwais Inspirasi Indonesia

Web.Iaiglobal.or.Id.




DOI: https://doi.org/10.46576/wjs.v3i2.4590

Article Metrics

Abstract view : 5 times
PDF – 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Worksheet Terindeks pada:

    

Member Of:

Worksheet : Jurnal Akuntansi Published By :

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
PROGRAM STUDI AKUNTANSI
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jurnalworksheet@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License

Worksheet : Jurnal Akuntansi By Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at
 http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/worksheet/index