EFEKTIFITAS PENGGUNAAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO  TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA  MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER  DI KELAS X SMK NEGERI 1 LUMUT
	serdina sari serdina sari simamora
	
			
		Abstract
		
		Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan Autoplay Media Studio terhadap motivasi belajar siswa di kelas X SMK Negeri 1 Lumut Penelitian ini berlangsung selama ± 3 bulan yaitu mulai terhitung dari mei – juli 2021 dimulai dari pengambilan data sampai pengolahan data hasil penelitian. Untuk itu penelitian ini mencakup dua variabel yaitu penggunaan Autoplay Media Studio sebagai variabel X dan motivasi belajar siswa sebagai variabel Y. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lumut, dengan sampel penelitian sebanyak 20 siswa dan sampel penelitian diambil dengan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Berdasarkan hasil perhitungan analisis deskriptif maka diperoleh nilai rata-rata penggunaan Autoplay Media Studio 86,70 jika dikonsultasikan berada pada kategori “sangat baik†dan motivasi belajar siswa yaitu 75,20 berada pada kategori “baik†berdasarkan uji normalitas jika signifikan lebih besar dari 0,05 maka dinyatakan normal dan jika lebih kecil dari 0,05 maka dinyatakan tidak normal. Berdasarkan dari hasil uji normalitas yang didapat tentang penggunaan Autoplay Media Studio terhadap motivasi belajar siswa 0,200 berarti 0,200 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal.
		
		 
	
	
				
			
	
			
		References
		
		
							Agustina, Lisa. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap
							Prestasi Belajar IPA Disekolah Dasar. Jurnal penelitian Pendidikan Vol. 12. No. 1
							Rohani, Dkk. 2018. Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Manfaat Media Dalam Pembelajaran Vol 7 No 1.
							Sadirman (Dalam Jurnal Andini). 2011:83. Analisis Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI MIA 4 SMA Negeri 3 Kota Jambi Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Vol. 3 No 1
							L. Siregar, “efektifitas pembelajaran auditori intellectually repetition (air) terhadap kemampuan berfikir kritis siswaâ€. Jurnal education and development, 3, no. 2, p. 94 jan 2018
					 
		
		 
	
							
		
		DOI: 
https://doi.org/10.46576/syntax.v2i2.1555	
Article Metrics
Abstract view : 434 times
PDF – 225 times
																			
Refbacks
				- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
			
INDEXING:







 
 

Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.