EFEKTIFITAS PENGGUNAAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER DI KELAS X SMK NEGERI 1 LUMUT
serdina sari serdina sari simamora
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan Autoplay Media Studio terhadap motivasi belajar siswa di kelas X SMK Negeri 1 Lumut Penelitian ini berlangsung selama ± 3 bulan yaitu mulai terhitung dari mei – juli 2021 dimulai dari pengambilan data sampai pengolahan data hasil penelitian. Untuk itu penelitian ini mencakup dua variabel yaitu penggunaan Autoplay Media Studio sebagai variabel X dan motivasi belajar siswa sebagai variabel Y. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lumut, dengan sampel penelitian sebanyak 20 siswa dan sampel penelitian diambil dengan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Berdasarkan hasil perhitungan analisis deskriptif maka diperoleh nilai rata-rata penggunaan Autoplay Media Studio 86,70 jika dikonsultasikan berada pada kategori “sangat baik†dan motivasi belajar siswa yaitu 75,20 berada pada kategori “baik†berdasarkan uji normalitas jika signifikan lebih besar dari 0,05 maka dinyatakan normal dan jika lebih kecil dari 0,05 maka dinyatakan tidak normal. Berdasarkan dari hasil uji normalitas yang didapat tentang penggunaan Autoplay Media Studio terhadap motivasi belajar siswa 0,200 berarti 0,200 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal.
References
Agustina, Lisa. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap
Prestasi Belajar IPA Disekolah Dasar. Jurnal penelitian Pendidikan Vol. 12. No. 1
Rohani, Dkk. 2018. Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Manfaat Media Dalam Pembelajaran Vol 7 No 1.
Sadirman (Dalam Jurnal Andini). 2011:83. Analisis Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI MIA 4 SMA Negeri 3 Kota Jambi Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Vol. 3 No 1
L. Siregar, “efektifitas pembelajaran auditori intellectually repetition (air) terhadap kemampuan berfikir kritis siswaâ€. Jurnal education and development, 3, no. 2, p. 94 jan 2018
DOI:
https://doi.org/10.46576/syntax.v2i2.1555
Article Metrics
Abstract view : 243 times
PDF – 125 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
INDEXING:
Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.