UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TERHADAP PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIK DI SMP NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2017-2018

Heppy Juriver Siregar

Abstract


Tujuan pelaksanaan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan Pembelajaran IPA Realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Pesawat sederhana dikelas VIII SMP Negeri 7  Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (PTK) terdiri pra siklus dan 3 (tiga) siklus kelas. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7  Medan. Teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar siswa dan observasi yang dilakukan merupakan pengamatan terhadap seluruh kegiatan dan perubahan  yang terjadi pada saat dilakukannya pemberian tindakan, dan teknik analisis data dengan analisis deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian, setelah diberikan tindakan pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 25%, sedangkan pada tes hasil belajar II diperoleh ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 68,75% atau meningkat sebesar 43,75% dari siklus I, dan pada tes hasil belajar III diperoleh ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 87,50% atau meningkat sebesar 18,75% dari siklus II. Sehingga pendekatan IPA realistik pada materi Pesawat sederhana dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 7  Medan. Dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran realistik pada materi Pesawat Sederhana siswa–siswa di kelas VIII di SMP Negeri 7  Medan merasa antusias dalam belajar karena soal–soal yang diberikan adalah soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari–hari serta setiap siswa aktif dan bebas menentukan penyelesaian dari setiap soal sesuai dengan pemikiran masing–masing. Selanjutnya guru dan siswa menarik kesimpulan suatu rumusan konsep atau prinsip dari masalah yang dihadapi.

 

Kata Kunci : Pembelajaran Realistik, Pesawat Sederhana, Hasil Belajar IPA

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M., (2003), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Rinek Cipta, Jakarta.

Abdurrahman dan Soejono, (2005), Metode Penelitian Suatu Pemikiran dan Penerapan, Rineka Cipta, Jakarta

Adrian, W., (2009), IPA Bilingual, Yrama Widya, Bandung.

Arikunto, S., (2008), Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara, Jakarta.

Arsyad, A., (1997), Media Pembelajaran, Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Asrori, M., (2008, Penelitian Tindakan Kelas, Wacana Prima, Bandung.

Djamarah dan Zain, (1995), Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta

Djumanta, W., (2008), IPA Untuk Kelas VIII SMP/ Madrasah Tsanawiyah, Grafindo Media Pratama, Jakarta.

Fakultas IPA dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, (2010), Buku Pedoman Penulisan Skripsi dan Proposal Penelitian Pendidikan, FMIPA Unimed, Medan.

Hasan, C., (1994), Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan, Al-Iklas, Surabaya

Hudojo, H., (1990), Strategi Belajar Mengajar IPA, Depdikbud, Malang

Johnson, E., (2010), CTL Contextual Teaching & Learning, Kaifa, Bandung.

Maryono, S., Metode Penelitian Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta.

Rasyid dan Mansur, (2007), Penilaian Hasil Belajar, Wacana Prima, Bandung

Sagala, S., (2005), Administrasi Pendidikan Kontemporer, Alfabeta, Bandung.

Sanjaya, W., (2008), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Sihombing, W.L., (2006), Telaah Kurikulum IPA Sekolah, FMIPA Unimed, Medan.

Slameto., (2003), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Salatiga.

Suherman, Erman., (2008), Komunikasi Matematis, http://educare.e-fkipunla.net (diakses Agustus 2011)

Sukidin, Basrowi, dkk., (2008), Manajemen Penelitian Tindakan Kelas, Insan Cendekia, Jakarta.

Sumiati dan Asra., (2007), Metode Pembelajaran, Wacana Prima, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v3i2.934

Article Metrics

Abstract view : 211 times
PDF – 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan



Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:

 

Member Of :

 

Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:

FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.