PENGELOLAAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN
Abstract
Dalam dunia pendidikan khususnya, tulisan mutlak diperlukan. Bukubuku
pelajaran maupun buku bacaan yang lainnya merupakan sarana
untuk belajar para peserta didik di lembaga-lembaga sekolah mulai
tingkat dasar sampi perguruan tinggi. Tanpa tulisan dan membaca, proses
transformasi ilmu pengetahuan tidak akan bisa berjalan. Hal ini
menunjukkan betapa pentingnya tulisan, budaya membaca, serta menulis
di kalangan masyarakat. Oleh karenanya, kita harus terus berupaya
mendorong serta membimbing para generasi muda termasuk pelajar dan
mahasiswa untuk membudayakan kegiatan Literasi.
Full Text:
PDFReferences
Anonim. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional
Ardy, Kurniawan Wisnu. (2014).Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Mata
Pelajaran IPA Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Lightening The
Learning Climate Bagi Siswa Kelas V SD 01 Tawangmangu Tahun
/2014.Skripsi.Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Axford, (2009) Scaffolding Literacy: An Integrated and Sequential Approach to
Teaching, Reading,Spelling and Writing, Australia, ACER Press.
David Wray, Jane Medwell, et al. (2002) Teaching Literacy Effectively in the
Primary School, London, New Fetter Lane.
http://blog.unnes.ac.id/rarassantikadewi/2017/12/02/budaya-literasisebagai-
upaya-peningkatan-mutu-pendidikan-di-indonesia/. Di
Akses Tanggal 14 April 2018. Jam 08.38 Wib.
https://www.kompasiana.com/riniehanif/5bccac4c43322f4217666a28/m
embangun-sekolah-ramah-literasi?page=all. Di akses tanggal 25
Maret 2018.
Hurlock. (2012). Perkembangan Anak, jilid 2. Jakarta: Erlangga
Lerner. (1988). Meningkatkan Efektivitas Mengajar. Jakarta: Pustaka Jaya.
Mendikbud (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan RI No.
tahun 2016 tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan
Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mike Baynham, (1995) Literacy Practices: Investigating Literacy in Social
Contexts, London: Longman.
Mutia Yaumi Reza, (2013) Deskripsi Literasi Informasi Pada Siswa SMA
International Baccalaureate (IB) Program Diploma di Cita Hati
Surabaya, Jurnal.
Samsul hadi, dkk (2006) Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah
Menengah Atas, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v4i1.721
Article Metrics
Abstract view : 353 timesPDF – 986 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan
Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:
Member Of :
Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.