PENERAPAN METODE BELAJAR VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SLB-E NEGERI PEMBINA SUMATERA UTARA

Nasrul Nasution

Abstract


Proses pendidikan melibatkan peran krusial media dalam mengajar dan belajar, karena media pembelajaran menjadi bagian integral dari proses pendidikan di sekolah. Posisi media pengajaran menjadi salah satu komponen utama dalam dinamika belajar mengajar, bertujuan untuk meningkatkan interaksi antara guru dan siswa, serta interaksi siswa dengan lingkungan. Penelitian ini mengangkat tentang pentingnya penerapan media visual dalam pembelajaran di sekolah dasar agar proses pembelajaran lebih efektif. Media sangat diperlukan dalam proses pendidikan karena pendidikan merupakan proses pertukaran informasi antara guru dan siswa.Untuk mencapai nilai yang ditentukan maka penulis menggunakan metode visual,media gambar. Metode ini melibatkan aktivitas siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama SLB-E Negeri Pembina Sumatera Utara. Hasil pembelajaran, yang tercermin dalam prestasi siswa, dapat tercermin dari penggunaan media visual. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa penggunaan media visual meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian lainnya menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan media visual dan yang tidak menggunakan media visual rata-rata memiliki hasil belajar yang berbeda.

Keywords


Metode Belajar, Hasil Belajar, Media Visual.

References


Arsyad. Azhar. 2005. Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Cecep K., Asmara Z., Azahra K., Muhammad F dan Nabila A. 2021. Pemanfaatan Media Visual Dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran. 10(2). Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan

Faridah K. 2017. Pengembangan Media Gambar Dalam Meningkatkan Pembelajaran Matematika. 3(1). Al-Ulum Ilmu Sosial Dan Humaniora

Gumilar P., dan Dede P. 2019. Kajian Visual Penggunaan Media Gambar Yang Digunakan Untuk Pembelajaran Sekolah Luar Biasa Tunarungu. 5(2). Jurnal Rekayasa Teknologi Nusa Putra

Hamalik, 1994. Media Pendidik. Bandung : Citra Aditya Bakti

Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. 7(1). Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Herka Jaya J. 2005. Pemanfaatan Media Visual Dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. 3(1). Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.

Latifah dan Isnaini. 2015. Pengaruh Media Gambar Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di MI An-Nir Pekalipan Kota Cirebon. 2(1). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI

Nursifa F., Sekar NS., Tiara P dan Usep S. 2022. Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media. 3(2). JUTKEL: Jurnal Telekomunikas, Kendali dan Listrik

Sarwik Utami. 2018. Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Dan

Septy N., Kholis N., Mega A., Nadhiyatul K., dan Reza WA. 2021. Penerapan Media

Susi L dan Muhammad Widda D. 2021. Analisis Gaya Belajar Visjal, Auditori dan Kinestetik Dalam Pengembangan Prestasi Belajar Siswa. 1(1). IIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia.

Teni N. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 3(1). Misyikat.

Visual Untuk Siswa Kelas V Di SDN Muncul 1. 3(2). EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains




DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v7i2.6996

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nasrul Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:

 

Member Of :

 

Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:

FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.