Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Type Numbered Head Together (NHT) Di Kelas IX-E SMP Negeri 40 Medan
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Type Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran IPS. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi untuk guru dan lembar penilaian observasi aktivitas belajar siswa. Hasil setiap siklus dianalisis dan kemudian dijadikan sebagai acuan pada tindakan siklus berikutnya. Tindakan yang dilakukan terdiri dari tindakan individu dalam kerja Tim (kelompok) selama 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif type NHT dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dalam penelitian ini diperoleh nilai siswa pada siklus I sebesar 58.82% siswa tidak tuntas dan 41,18% siswa tuntas hasil belajarnya dalam proses pembelajaran dengan nilai rata-rata siswa 69,26. Siklus II ketuntasan belajarnya sebesar 8,82% siswa tidak tuntas dan sebesar 91,17% siswa tuntas dengan nilai rata-rata 77,97 hasil belajarnya mengalami peningkatan yang sangat signifikan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v1i1.55
Article Metrics
Abstract view : 189 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 262 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Sabilarrasyad
Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:
Member Of :
Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:
FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.