Persepsi Mahasiswa Jurusan PAI Terhadap Tingkat Pelayanan Administrasi Akademis di Universitas Dharmawangsa Medan Tahun 2016-2017

Anggun Putri Rahayu, H. Lahmuddin Lubis, H. M. Fauzi Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelayanan administrasi di Universitas Dharmawansa Medan. (2) Persepsi mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam terhadap pelayanan administrasi akademik di Universitas Dharmawangsa Medan.Untuk mencapai tujuan di atas, di gunakan penelitian kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskripsi induktif. Hasil penelitian ini adalah: 1). Pelayanan administrasi akademik di Universitas Dharmawangsa sudah memiliki sistem pengelolaan dan SDM yang baik, tetapi sarana dan prasarana pendukung (elektronik) pelayanan masih terbatas. 2). Persepsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Dharmawangsa terhadap pelayanan administrasi biro keuangan dinilai cukup baik. Namun begitu, tetap ada kelebihan dan kekurangan dalam pelayanan yang dilakukan, antara lain: a). Kelebihan adalah pegawai Biro keuangan Universitas Dharmawangsa dilakukan oleh orang-orang yang ahli dan profesional, dan juga biro keuangan memberikan dispensasi bagi mahasiswa yang kurang mampu untuk mengikuti ujian karena belum menyelesaikan uang kuliah yang menjadi syarat utama untuk mengikuti ujian. b) Kekurangan adalah sistem pembayaran uang kuliah yang kurang nyaman karena masih dengan cara manual dan harus membayar di kantor Biro, sedangkan di Universitas lainnya seperti UNIMED, USU, UINSU, UMSU, Universitas Potensi Utama DLL, mahasiswa yang ingin membayar uang kuliah tidak harus membayar di kantor biro tetapi bisa membayar di Bank yang telah ditentukan oleh pihak Universitas.

Article Metrics

Abstract view : 127 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 132 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index Journal