Core Ethical Values Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam

Rahmat Hidayat

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengungkap nilai-nilai yang terkandung didalam ajaran Islam yang bermuatan karakter. Islam adalah agama yang kaya akan nilai. Islam juga dijadikan basis rujukan dalam pendidikan karakter. Maka dapat dikatakan bahwa ketika umat Islam patuh dan taat terhadap ajarannya maka umat Islam tersebut adalah umat yang berkarakter. Masyarakat muslim yang berkarakter adalah masyarakat taat agama yang menjadikan dunia sebagai alat untuk mengunpulkan perbekalan akhirat. Paling tidak ada beberapa indikator yang dapat menjadi sumber nilai dalam pendidikan karakter yang berasal dari Alquran dan hadis, yaitu: 1). Beriman dan Bertaqwa pada Allah; 2). Taat pada Allah, bersikap sederhana dan berlaku adil; 3). Pemberi manfaat bagi sesama; 4). Gemar mencari ilmu; 5). Pekerja Keras; 6). Bermotif mencari ridho Allah Swt; 7). Mencintai Allah dan RasulNya; 8). Mencari dunia untuk akhirat; 9). Berjiwa penolong dan pemberi kemudahan; 10). Berjiwa stabil (tidak cemas terhadap sesuatu yang hilang dan tidak terlalu gembira terhadap apa yang diperoleh; 11). Menjadi sumber ketenteraman bagi sesama; 12). Ucapan dan perbuatannya tidak merugikan orang lain; 13). Saling mengingatkan dan saling menitipkan diri; 14). Bersikap toleran terhadap sesama (Tassamuh); 15). Pemaaf dan penyambung silaturrahmi dan 16). Masyarakat sholeh.



DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v2i2.124

Article Metrics

Abstract view : 521 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 853 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sabilarrasyad



Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:

 

Member Of :

 

Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:

FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.