PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN LEARNING START WITH QUESTION DAN DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA TENTANG MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN DAN KONSTITUSI PERTAMA DI KELAS VIII-3 SMP NEGERI 6 TANJUNGBALAI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Mahyuzar Parinduri

Abstract


Penelitian ini dalaksanakan di SMP Negeri 6 Tanjungbalai, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Learning Start With Question (LSQ) yang dikolaborasikan dengan metode Diskusi dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauhmana penggunaan model pembelajaran Learning Start With Question (LSQ) yang dikolaborasikan dengan metode Diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Penidikan Kewarganegaraan tentang materi Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 6 Kota Tanjungbalai dengan jumlah 36 orang siswa. Temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) Pelaksanaan pembelajaran model pembelajaran Learning Start with Question (LSQ) yang dikolaborasikan dengan metode Diskusi sudah sesuai prosedur pelaksanaan pembelajaran (2) Meningkatnya nilai rata-rata kelas, yakni pada saat test awal sebelum diberikan tindakan nilai rata-rata siswa hanya sebesar 61,75 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 27,77%. Pada siklus I setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran Learning Start with Question (LSQ) yang dikolaborasikan dengan metode Diskusi, nilai rata-rata kelas mulai meningkat menjadi sebesar 69,69, dengan tingkat ketuntasan 52,77% dan siklus II nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 77,31 dengan tingkat ketuntasan 88,88%. (3) Meningkatnya hasil belajar siswa dari tes siklus I sampai tes siklus II

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono, (2009), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Al Rasyidin. & Wahyuddin.N.N. (2011), Teori Belajar dan Pembelajaran, Medan: Perdana Publishing.

Djamarah,SB. (2006), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Hufad, Achmad (2009), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam.

Isjoni. (2009), Pembelajaran Kooperatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jadmiko.B, (2003), Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Depdikbud.

Masitoh, Laksmi Dewi, (2009), Strategi Pembelajaran, Jalarta: Dirjen Pendidikan Islam.

Poerwadarminta. (1998), Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Rusman. (2011), Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Raja grafindi Persada.

Sabri, Ahmad. (2010), Strategi Belajar Mengajar & Mocro Teaching, Padang: Quantum Teaching.

Sanjaya, Wina, (2009). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. (2003), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N (2008), Penilaian Hasil Belajar Mengajar, Bandung: Rineka Cipta.

Suhito. (2000), Pakar Matematika, http//Zainurie, Wordpress.com/(Accessed Februari 2010)

Suparno. (2011), Strategi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Suryosubroto. (1996), Belajar dan Pembelajaran Matematika, Bandung: Prospect

Syah, Muhibbin. (2008), Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zaini, Hisyam; Munthe, Bermawy; Aryani, Sekar Ayu, (2008) Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: CTSD UIN Sunan Kalijaga.




DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v6i1.1205

Article Metrics

Abstract view : 165 times
PDF – 230 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan



Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:

 

Member Of :

 

Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:

FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.