PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA MATERI PEMBELAJARAN POLA LANTAI TARI KREASI KELAS IX-1 SMP NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Â
Abstract: Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran berkreasi seni rupa adalah dengan menggunakan media audio visual. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Media Audio Visual materi pola lantai tari kreasi di kelas IX SMP Negeri 7 Medan. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Ciri khas PTK adalah adanya siklus-siklus yang merupakan suatu pemecahan menuju praktek pembelajaran yang lebih baik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IX-3 SMP Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak 1 kelas yaitu 32 orang siswa. Berdasarkan dari hasil temuan data hasil penilitian tersebut maka dapat dijelaskan bahwa pada saat siklus I hasil belajar Seni budaya khususnya pada materi pokok pola lantai tari kreasi tergolong rendah dengan rata-rata 64,24. Dengan perincian tidak ditemukan siswa (0%) yang mendapat nilai sangat rendah (0-20), siswa mendapatkan nilai rendah (21-40) ditemukan sebanyak 3 orang siswa (10%), siswa mendapat nilai sedang (41-60) sebanyak 13 orang siswa (39%), mendapat nilai tinggi (61-80) sebanyak 17 orang siswa (51%) dan tidak ditemukan siswa yang mendapat nilai sangat tinggi (81-100). Dari 32 orang siswa pada siklus II diperoleh 94% dinyatakan tuntas, sedangkan siswa belum mengalami ketuntasan sebanyak 1 orang siswa 6% dengan nilai rata-rata 87,33. Dengan demikian pada siklus ke II penulis katakan nilai siswa sudah mencapai nilai KKM penelitian ini dihentikan dan tidak perlu lagi dilanjutkan ke siklus berikutnya.
Â
Full Text:
PDFReferences
Abdulhak, Ishak. (2013). Model-Model Pembelajaran. Bandung: Andira
Aji Supriyanto, (2007). Pengantar Tekhnologi Informasi. Jakarta: Penerbit Salemba Infotek.
Ahmad, Susanto, (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dahar, Ratna Wilis (2002) Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta
Milasari, dkk (2018). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Seni Budaya. Jakarta: PT. Masmedia Buana Pustaka.
Sachari, (2005). Pengantar Metode Penelitian Budaya Rupa (Desain, Arsitektur, Seni Rupa, dan Kriya). Jakarta: Erlangga
Sudjana, (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wiriatmadja. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PPS UPI dan Remaja Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v6i1.1183
Article Metrics
Abstract view : 394 timesPDF – 535 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan
Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:
Member Of :
Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.