PENERAPAN LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK SELF REFLECTION TERHADAP KEMANDIRIAN PEMILIHAN KARIR SISWA KELAS IX-2 SMP NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesadaran siswa-siswi tentang pentingnya kemandirian pemiliharan karir di kelas IX-2 SMP Negeri 7 Medan sebelum dan setelah diberikan layanan informasi melalui teknik selfreflection dan untuk mengetahui pelaksanaan layanan informasi pada siswa kelas IX-2 SMP Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah kemandirian pemilihan karir siswa ada peningkatan setelah diterapkan layanan informasi dengan teknik self reflection kelas IX-2SMP Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.  Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksprimen atau percobaan (eksprimental research) dengan cara memberikan perlakuan berupa layanan informasi dengan teknik self reflection terhadap kemandirian pemilihan karir siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Kelas IX-2 SMP Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini yakni keseluruhan proses pembelajaran penerapan layanan informasi dengan teknik self reflection terhadap kemandirian pemilihan karir siswa kelas IX-2 SMP Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yaitu : berupa angket kemandirian belajar siswa, teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Berdasarakan hasil penelitian diperoleh Mo = 89,93 dan Mi = 87,5. Berdasarkan hasil perhitungan Mo > Mi atau 89,93 > 87,5. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan kemandirian pemilihan karir pada siswa kelas IX-2 SMP Negeri 7 Medan setelah diberikan layanan informasi dengan teknik  self reflection cenderung tinggi. Hasil analisis deskriptif persentase diatas menunjukkan bahwa layanan informasi teknik self reflection dapat memberikan peningkatan terhadap kemandirian pemilihan karir siswa. Melalui pemberian layanan informasi teknik self reflection ini diharapkan dapat merubah kemandirian pemilihan karir siswa yang sebelumnya pada kategori cukup dapat menjadi baik dan siswa yang sebelumnya pada katagori cukup dapat menjadi baik dan siswa yang sebelumnya pada kategori baik dapat dijaga serta dipertahankan atau bahkan dapat menjadi sangat baik.
Full Text:
PDFReferences
Adisusilo, Sutarjo. (2012). Pembelajaran Nilai-Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta : Rajawali Pers.
Ahmad Reid, (2005). Bimbingan dan Pelayanan Karir. Jakarta:Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi, (2002), Prosedur Penelitian Suatu Pengantar. Jakarta: Rineka Cipta.
Asrori, (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.
Budi Purwoko, (2013). Organisasi dan Managemen Bimbingan Konseling. Surabaya:Unesa University Press.
Chabib Thoha, (2015). Bimbingan Karier. Jakarta : Bumi Aksara.
Enoch Jusuf. (2015). Dasar-dasar Perencanaan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fuad Hasan, (2007). Pendidikan Nasional, Jakarta : Dikbud.
Gunawan Yusuf. (2012). Pengantar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hartono, (2018). Bimbingan Karir. Surabaya : Pranada Media Group.
Hamzah, B.Uno, (2007). Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Istarani. (2012). Model Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
M.Manrihu Thayeb.(2013) Pengantar Bimbingan dan Konseling Karier. Jakarta : Bumi Aksara.
M.Tahir, (2011), Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan. Jakarta : Rineka Cipta.
Mardiono, (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta:Kencana.
Nurkencana, (2008). Teknik dan Metodologi Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Nursalim Mochamad dan Suradi SA (2012), Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press
Paulo, (2014). Penggunaan Teknik Modeling terhadap Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Fokus Konseling. Volume 1 No 1. Januari 2015
Prayitno, (2016). Layanan dan Kegiatan Pendukung. Padang, IKIP.
Rumengan, Jemmy, (2013). Metodologi Penelitian. Bandung: Cipta Pustaka.
Salahudin Anas.(2013). Bimbingan dan Konseling. Bandung:Pustaka Setia
Sudjana.S, (2005), Metode Penelitian. Jakarta Bumi Aksara.
Suryposubroto, S, (2007), Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Kencana.
Suharsimi, Suhardjono, Supardi. (2009). Proses Pembelajaran Praktis. Jakarta: Bumi Aksara.
Walgito Bimo, (2013). Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karier). Yogyakarta Andi Offest.
Wijaya, C dan Rusyan, A.T. (2011). Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar.Bandung:Rosdakarya.
Winkel. WS. (2015). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Yohanes Babari, (2011). Menentukan Sikap Berkarir. Jakarta Kencana
DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v6i1.1182
Article Metrics
Abstract view : 316 timesPDF – 644 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan
Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:
Member Of :
Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.