UPAYA MENINGKATKHASIL BELAJAR IPA PADA MAATERI SISTEM PERNAPASAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE KELAS VIII-6 SMP NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Nurfuadi Zain

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh dan peningkatan hasil belajar Biologi materi sistem pernapasan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) kelas VIII-6 SMP Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2018–2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas, yaitu Clasroom Action Research. Adapun tempat penelitian ini adalah di SMP Negeri 7 Medan kelas VIII-6  Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019. Dari hasil penelitian ditemukan pada siklus II dapat diketahui dari 33 orang siswa terdapat sebanyak 31 orang siswa 94% mendapat nilai tuntas dan sebanyak 2 orang siswa 4% mendapat nilai belum tuntas. Dengan kategori tidak ditemukan siswa yang mendapat nilai sangat rendah 0 orang siswa (0%), tidak ditemukan siswa mendapatkan nilai rendah sebanyak 0 orang siswa (0%), siswa yang mendapat nilai sedang sebanyak 2 orang siswa (6%), siswa yang mendapat nilai tinggi sebanyak 12 orang siswa (33,3%) dan siswa yang mendapat nilai sangat tinggi sebanyak 19 orang siswa (63,3%) dengan rata-rata nilai sebesar 87,33.  Dari 33 orang siswa pada siklus II diperoleh 94% dinyatakan tuntas, sedangkan siswa belum mengalami ketuntasan sebanyak 2 orang siswa 6% dengan nilai rata-rata 87,33. Dengan demikian pada siklus ke II penulis katakan nilai siswa sudah mencapai nilai KKM penelitian ini dihentikan dan tidak perlu lagi dilanjutkan ke siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) berpengaruh terhadap hasil belajar dan terdapat peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018.


Full Text:

PDF

References


Anita Lie. (2007). Kooperatif Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarta: Grasindo.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Isjoni. (2009). Cooperative Learning (Efektivitas Pembelajaran Kelompok). Bandung : Alfabeta.

Kunandar. (2010). Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press.

Lufri.(2007). Strategi Pembelajaran Biologi Teori, Praktek dan Penelitian.UNP Press : Padang

Muhibbinsyah. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.

Moeloeng, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sa’dijah, Cholis. (2006). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share TPS. Malang: Lembaga Penelitian UGM.

Rusman, (2012). Model-Model Pembelajaran. Bandung : Seri manajemen Sekolah bermutu.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajartan Inovatif-Progresif : Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.46576/jsa.v6i1.1181

Article Metrics

Abstract view : 125 times
PDF – 199 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan



Journal Sabilarrasyad Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Index by:

 

Member Of :

 

Journal Sabilarrasyad Diterbitkan oleh:

FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRMA STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : sabilarrasyad@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.