Indexing metadata

Penerapan Tpack: Modul Ajar dan Media Digital yang Berfokus pada Kemampuan Literasi dan Numerasi


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document Penerapan Tpack: Modul Ajar dan Media Digital yang Berfokus pada Kemampuan Literasi dan Numerasi
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Siswadi Siswadi; Universitas Singaperbangsa Karawang; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Mokhammad Ridwan Yudhanegara; Universitas Singaperbangsa Karawang; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Karunia Eka Lestari; Universitas Singaperbangsa Karawang; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Hilman Imadul Umam; Universitas Singaperbangsa Karawang; Indonesia
 
3. Subject Discipline(s) Mechanical Engineering
 
3. Subject Keyword(s) Chatbox; Literasi; Numerasi; TPACK
 
4. Description Abstract

Di era digital saat ini, integrasi teknologi dalam pendidikan menjadi kebutuhan yang mendesak untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi sangat penting, terutama dalam mendukung pengembangan literasi dan numerasi siswa yang menjadi fokus utama pendidikan abad ke-21. Namun, masih banyak guru yang menghadapi tantangan dalam mengintegrasikan teknologi secara efektif ke dalam proses pembelajaran, baik karena keterbatasan pengetahuan, pengalaman, maupun akses terhadap pelatihan yang relevan. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengintegrasikan teknologi digital ke dalam pembelajaran, dengan fokus pada penerapan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) untuk mendukung literasi dan numerasi siswa. Kegiatan pelatihan terdiri dari tiga sesi utama, yang mencakup pemahaman konsep dasar TPACK, pengembangan modul ajar berbasis teknologi, dan praktik langsung penggunaan chatbox sebagai media interaktif dalam pembelajaran. Pada akhir sesi ketiga, para peserta mengikuti posttest untuk mengukur pemahaman dan keterampilan mereka dalam menerapkan teknologi yang telah dipelajari selama pelatihan. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Hotel Grand Karawang Indah tanggal 16 Oktober 2024 dengan jumlah peserta 26 orang. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan antara nilai pretest dan posttest, mengindikasikan keberhasilan metode pelatihan yang diterapkan. Pelatihan ditutup dengan sesi foto bersama sebagai simbol pencapaian dan komitmen para peserta untuk terus mengembangkan dan menerapkan inovasi dalam metode pengajaran mereka. Pelatihan ini membuktikan bahwa dengan pendekatan yang tepat, guru dapat mengadopsi teknologi digital untuk menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif, sehingga mampu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Hasil positif dari pelatihan ini diharapkan dapat menjadi model bagi program serupa di masa depan, dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

 
5. Publisher Organizing agency, location Universitas Dharmawangsa
 
6. Contributor Sponsor(s)
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2025-01-16
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/article/view/5295
 
10. Identifier Digital Object Identifier (DOI) https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i1.5295
 
11. Source Title; vol., no. (year) Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat; Vol 6, No 1 (2025)
 
12. Language English=en en
 
13. Relation Supp. Files Untitled (1MB)
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2025 Copyright © 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.