Penerapan Tpack: Modul Ajar dan Media Digital yang Berfokus pada Kemampuan Literasi dan Numerasi
Dublin Core | PKP Metadata Items | Metadata for this Document | |
1. | Title | Title of document | Penerapan Tpack: Modul Ajar dan Media Digital yang Berfokus pada Kemampuan Literasi dan Numerasi |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Siswadi Siswadi; Universitas Singaperbangsa Karawang; Indonesia |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Mokhammad Ridwan Yudhanegara; Universitas Singaperbangsa Karawang; Indonesia |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Karunia Eka Lestari; Universitas Singaperbangsa Karawang; Indonesia |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Hilman Imadul Umam; Universitas Singaperbangsa Karawang; Indonesia |
3. | Subject | Discipline(s) | Mechanical Engineering |
3. | Subject | Keyword(s) | Chatbox; Literasi; Numerasi; TPACK |
4. | Description | Abstract | Di era digital saat ini, integrasi teknologi dalam pendidikan menjadi kebutuhan yang mendesak untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi sangat penting, terutama dalam mendukung pengembangan literasi dan numerasi siswa yang menjadi fokus utama pendidikan abad ke-21. Namun, masih banyak guru yang menghadapi tantangan dalam mengintegrasikan teknologi secara efektif ke dalam proses pembelajaran, baik karena keterbatasan pengetahuan, pengalaman, maupun akses terhadap pelatihan yang relevan. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengintegrasikan teknologi digital ke dalam pembelajaran, dengan fokus pada penerapan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) untuk mendukung literasi dan numerasi siswa. Kegiatan pelatihan terdiri dari tiga sesi utama, yang mencakup pemahaman konsep dasar TPACK, pengembangan modul ajar berbasis teknologi, dan praktik langsung penggunaan chatbox sebagai media interaktif dalam pembelajaran. Pada akhir sesi ketiga, para peserta mengikuti posttest untuk mengukur pemahaman dan keterampilan mereka dalam menerapkan teknologi yang telah dipelajari selama pelatihan. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Hotel Grand Karawang Indah tanggal 16 Oktober 2024 dengan jumlah peserta 26 orang. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan antara nilai pretest dan posttest, mengindikasikan keberhasilan metode pelatihan yang diterapkan. Pelatihan ditutup dengan sesi foto bersama sebagai simbol pencapaian dan komitmen para peserta untuk terus mengembangkan dan menerapkan inovasi dalam metode pengajaran mereka. Pelatihan ini membuktikan bahwa dengan pendekatan yang tepat, guru dapat mengadopsi teknologi digital untuk menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif, sehingga mampu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Hasil positif dari pelatihan ini diharapkan dapat menjadi model bagi program serupa di masa depan, dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. |
5. | Publisher | Organizing agency, location | Universitas Dharmawangsa |
6. | Contributor | Sponsor(s) | |
7. | Date | (YYYY-MM-DD) | 2025-01-16 |
8. | Type | Status & genre | Peer-reviewed Article |
8. | Type | Type | |
9. | Format | File format | |
10. | Identifier | Uniform Resource Identifier | https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/article/view/5295 |
10. | Identifier | Digital Object Identifier (DOI) | https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i1.5295 |
11. | Source | Title; vol., no. (year) | Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat; Vol 6, No 1 (2025) |
12. | Language | English=en | en |
13. | Relation | Supp. Files |
Untitled (1MB) |
14. | Coverage | Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.) | |
15. | Rights | Copyright and permissions |
Copyright (c) 2025 Copyright © 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution![]() This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. |