PKM PELATIHAN PERENCANAAN BISNIS MAKANAN KHAS LAUT DI KELURAHAN NELAYAN INDAH

Umar Hamdan Nasution, Eddy Iskandar, Cut Zahri

Abstract


Karang Taruna Nelayan Indah merupakan organisasi Pemuda Pemudi di Kelurahan Nelayan Indah Kecamatan Medan Labuhan Kota Medan. Bagi Pemuda Pemudi Karang Taruna Nelayan Indah pada saat ini tidak banyak pilihan yang dapat dilakukan untuk memperoleh penghasilan / pendapatan. Pilihan utama bagi Pemuda Pemudi Karang Taruna Nelayan Indah adalah dengan ikut serta menjadi anak buah kapal nelayan dikarenakan kurangnya pengetahuan dan kemampuan dalam berwirausaha. Permasalahan yang dihadapi Pemuda Pemudi Karang Taruna Nelayan Indah antara lain kurangnya pengetahuan dan kemam-puan dalam berwirausaha, kurangnya pengetahuan dan kemampuan dalam menganalisis potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki, keterbatasan dana untuk memulai usaha, kurangnya pengetahuan dan kemampuan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mempublikasikan potensi yang dimiliki. Tim Pengusul Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Dharmawangsa mencoba dan menawarkan solusi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh Pemuda Pemudi Karang Taruna Nelayan Indah adalah dengan memberikan pelatihan perencanaan bisnis sebagai dasar meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam berwirausaha dibidang usaha makanan khas laut, memberikan pelatihan dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam menganalisis potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki, memberikan solusi untuk tidak mengandalkan dana untuk memulai usaha dan mencari peluang yang me-mungkinkan dalam mengatasi pendanaan usaha, memberikan pelatihan dalam memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mempublikasikan potensi yang dimiliki. Pelatihan perencanaan bisnis yang dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharmawangsa sangat dirasakan manfaatnya. Meskipun keterbatasan pendidikan yang dimiliki oleh Pemuda Pemudi Karang Taruna Nelayan Indah namun tidak menghalangi kemauan dan niat untuk berwirausaha. Kegiatan Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Universitas Dharmawangsa ikut serta mencerdaskan dan menciptakan kemandirian masyarakat dengan menumbuhkan semangat berwirausaha khususnya di kalangan generasi muda.

Full Text:

PDF

References


Melati, Karima Rima, 2017. Perancangan dan Implementasi Perencanaan Bisnis. Indonesian Journal of Community Engagement. Vol. 02, No. 02, Maret 2017.

Munawaroh, Rimiyati, Hindasah, 2016. Perencanaan Bisnis. LP3M UMY. Yogyakarta

Kurniadi, Ridwan. 2015. Analisis Bisnis Plan Dan Jaringan Kerja Dalam Peningkatan Operasional Bisnis. Jurnal ekonologi ISSN 2355-6099, Vol 2, No.2.

Supriyanto, 2009. Business Plan sebagai Langkah Awal Memulai Usaha. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 6 Nomor 1, April 2009

Setiarini, Sri Endah. 2013. Business Plan Sebagai Implementasi Kewirausaha-an Pada Pembelajaran Ekonomi Di SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan. Vol. VIII, No. 2, Desember 2013.




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v1i1.532

Article Metrics

Abstract view : 935 times
PDF – 432 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Umar Hamdan Nasution, Eddy Iskandar, Cut Zahri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

           JournalStories Main logo

MEMBER OF

RJI Main logo  

  Crossref Sponsoring Member Badge

JOURNAL CITATION

    


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.