Penggunaan Media Sosial Untuk Pemasaran UMKM Topi di Desa Mojowiryo Kabupaten Mojokerto

Adil Abdillah, Nidya Rizkawati, Zenita Afifah Fitriyani, Eny Rachmawati

Abstract


Pemasaran mengalami perkembangan seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, sistem pemasaran digital menjadi marak digunakan dalam mengembangkan area pemasaran dan memperkenalkan produk yang diproduksi. Permsalahan yang dihadapi adalah banyak UMKM yang masih konvensial dalam menggunakan sistem pemasarannya sehingga usaha mereka tidak dapat berkembang dengan baik karena pemasaran hakikatnya membutuhkan biaya yang cukup banyak. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pemahaman terhadap pentingnya pemasaran digital dan pelatihan singkat pembuatan media sosial untuk pemasaran. Metode yang digunakan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Adapun hasil dari pengabdian masyarkat ini adalah tahap persiapan dilakukan survey lokasi dan wawancara di UMKM Topi Pak Khusnul untuk menggali potensi masalah yang dihadapi. Pada tahap selanjutnya adalah tahap pelaksanaan dilakukan sosialisasi dan pelatihan terkait pemasaran digital dan media sosial serta tanya jawab untuk menambah pemahaman masayarakat semakin meningkat. Tahap akhir pada kegiatan ini adalah tahap evaluasi dilakukan posttest dan pretest untuk mengetahui sejauh mana pemahaman masyarakat terhadap materi yang diberikan dan hasilnya menunjukkan peningkatan. Dari hasil prestest dan post test terjadi peningkatan rata-rata sebesar 50% terhadap pemahaman terhadap pemasaran digital untuk perkembangan usaha UMKM, serta dari latihan pembuatan media sosial warga desa Mojowiryo mampu mebuat media sosial tersebut dengan baik. Dari adanya pengabdian kepada masyarakat mampu memberikan kontribusi positif pada warga dan pelaku UMKM di desa Mojowiryo dalam membuat etalase dagang dengan menggunakan media sosial.


Keywords


Digital Marketing; Media Sosial; UMKM

Full Text:

PDF

References


Christina, A. M. (2014). Pengaruh Produc Placement Acceptance (Penerimaan Penetapan Produk) Terhadap Consumer Purchase Intention (Niat Beli Konsumen) Dengan Brand Recall Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus: Product Placement Smartphone Samsung Galaxy dalam Korean Movies). UNIVERSITAS ANDALAS. http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/8542

Ermasari, Y. . W. W. . & B. B. (2021). Pendampingan Pemasaran Produk Abon Lele Hasil Home Industry Berbasis Media Sosialfacebookpada Umkm Poklasar Erwina Pagelaranpekon Pagelaran. Jurnal PkM Pemberdayaan Masyarakat, 2(4), 137–143.

Febriyanti, E., Rifai, Z., Hasanah, S. N., Wijayanti, D. F., Suhening, L., & Frastika, L. (2017). Pemanfaatan media sosial facebook sebagai media pemasaran produk. Conference on Information Technology, Information System and Electrical Engineering (CITISEE), 254–257.

Fitriyani, Z. A. et all. (2024). Peningkatan Partisipasi Masyarakat Peduli Sampah Melalui Pemanfaatan Bank Sampah Wiryoasri. Reswara, 5, 659–670. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i2.4388

Hariyana, N., & Warmana, G. O. (2023). Peningkatan Penjualan Melalui Pemasaran Media Sosial Pada UMKM di Tanggulangin Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(1), 22–27.

Hartono, R., Sudiarjo, A., Supriatman, A., & Perjuangan Tasikmalaya, U. (2024). Pemanfaatan Social Media Marketing Untuk Pemasaran Digital Bagi Umkm Tanaman Hias. PROFICIO: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 2024.

Izza. (2021). 5 Konsep Digital Marketing, Keuntungan, dan Penerapannya. 3Bigevo. https://bigevo.com/blog/detail/konsep-digital-marketing

Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Tombatu Timur Kabupaten Minasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 2.

Lukitaningsih, A. (2013). Perkembangan Konsep Pemasaran: Implementasi dan Implikasinya. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 3(1), 21. https://doi.org/10.30588/jmp.v3i1.85

Mulyawati, S., Febrilia, B. R. A., Hidayanti, A. A., Setiawan, R. N. S., & Danasari, I. F. (2023). Pendampingan Pembuatan Media Sosial Facebook dan Instagram KWT Melati Sebagai Sarana Promosi. Jurnal SIAR ILMUWAN TANI, 4(2), 183–189. https://doi.org/10.29303/jsit.v4i2.109

Nurani, N., Eni Widhajati, Eni minarni, & Mukhamad Eldon. (2021). Pelatihan Pemasaran Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Di PLUT KUMKM Tulungagung. Janita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 45–52. https://doi.org/10.36563/pengabdian.v1i1.260

Ramadhani, S. E., Supangkat, D. A., & Febrianita, R. (2022). Pemanfaatan Instagram Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Pada Masa Pandemi. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 3(1), 47. https://doi.org/10.24198/sawala.v3i1.35094

Safitri, D., Azhar, H., Saragih, L., Parinduri, T., & Sinaga, M. H. (2022). Pendampingan Pembuatan Instagram Dalam Pemasaran Produk Lokal Desa Bahal Gajah, Kab. Simalungun. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 614. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8221

Sayekti, M. D., Sari, I., Firmansyah, S. M., Mas’udah, K. W., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2022). Pendampingan Pembuatan Instagram Dalam Pemasaran Produk Umkm Koyo Coffee Desa Bareng Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 20–26. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index

Septian, F., Syaripudin, A., Punkastyo, D. A., & Nugroho, F. A. (2021). SOSIALISASI DAN PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI UMKM DAN PEMUDA KARANG TARUNA CILANDAK BARAT JAMAIKA : Jurnal Abdi Masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universi. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang, 2(1), 72–80. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2941670&val=26023&title=

Suandana, N. P. W., Aditama, P. W., Sandhiyasa, I. M. S., Prabhawa, I. K. A. S., Atmaja, K. J., Sarasvananda, I. B. G., & Anandita, I. B. G. (2024). Pendampingan Instagram Marketing dalam Membangun Ketrampilan Pemasaran Digital dan Brand Awareness Produk UMKM. KOMET: Kolaborasi Masyarakat Berbasis Teknologi, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.70103/komet.v1i1.11

Sukoco, S. A., & Maulana, A. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Platform Media Sosial. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 1179–1184. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/531

Zenita Afifah Fitriyani, Diego Ahmad Dandy, Dony Prasetyo, Dwi Indasari, Eko Nurfiansyah, & Erlin Ananda Putri. (2023). Pendampingan Pembuatan Label Dan Banner Sebagai Upaya Strategi Pemasaran Produk UMKM Cenil Mbok Mini. ASPIRASI : Publikasi Hasil Pengabdian Dan Kegiatan Masyarakat, 2(1), 136–150. https://doi.org/10.61132/aspirasi.v2i1.197




DOI: https://doi.org/10.46576/rjpkm.v6i1.5089

Article Metrics

Abstract view : 15 times
PDF – 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Copyright © 2025 by Author, Published by Dharmawangsa University Community Service Institution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat telah terindex pada

  

JournalStories Main logo 

MEMBER OF

RJI Main logo 

  Crossref Sponsoring Member Badge 

JOURNAL CITATION

  


RESWARA : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT published by :

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id

 

Creative Commons License
Reswara : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/reswara/index.