Optimalisasi Penjualan Pada Toko Buttonscarves Deli Park Dengan Menggunakan Metode Lagrange

Cici Sartika, Sri Yulia Safira, Salsabila Intan, Ayu Ramadhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi optimalisasi penjualan pada Toko Buttonscarves Deli Park dengan menggunakan metode Lagrange sebagai pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kuantitatif dengan data aktual penjualan dan kendala modal sebagai dasar perhitungan. Fungsi tujuan dibentuk dari keuntungan masing-masing produk, sedangkan fungsi kendala dibentuk dari keterbatasan modal operasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi penjualan optimal dapat dicapai dengan menjual 40 unit hijab, 30 unit inner, dan 20 unit aksesori, sehingga menghasilkan keuntungan maksimum sebesar Rp3.950.000. Temuan ini menunjukkan bahwa metode Lagrange efektif dalam membantu pengambilan keputusan bisnis berbasis data dan mendukung efisiensi operasional toko fashion. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi manajemen ritel dalam merancang strategi penjualan yang terukur dan rasional.


Keywords


Optimalisasi Penjualan, Metode Lagrange, Ritel Fashion, Buttonscarves, Pengambilan Keputusan.

References


Afifah, S. & Yuliana, D. (2020). Peran Optimasi dalam Pengambilan Keputusan Bisnis. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan, 8(3): 71–79.

Amelia, R. & Santosa, I. (2021). Penerapan Model Lagrange pada Sistem Penjualan. Jurnal Riset Operasi dan Sistem Informasi, 3(1): 50–59.

Chiang, A. C. & Wainwright, K. (2005). Fundamental Methods of Mathematical Economics. New York: McGraw-Hill.

Heizer, J., Render, B. & Munson, C. (2020). Operations Management (13th ed.). Pearson.

Hidayat, T. (2019). Analisis Efisiensi Penjualan dengan Model Optimasi. Jurnal Ekonomi dan

Bisnis, 6(2): 89–98.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Kuncoro, M. (2007). Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Nugroho, A. & Suryanto, H. (2018). Analisis Optimasi Penjualan Menggunakan Metode Lagrange. Jurnal Ilmu Ekonomi, 7(2): 112–120.

Pratama, A. H. (2022). Analisis Strategi Penjualan di Era Digitalisasi. Jurnal Bisnis dan Inovasi, 5(2): 93–101.

Putra, I. K. A. & Mahadwartha, P. A. (2019). Penggunaan Model Lagrange dalam Optimalisasi Penjualan Ritel. Jurnal Manajemen Strategi, 10(1): 45–55.

Render, B., Heizer, J. & Munson, C. (2018). Principles of Operations Management: Sustainability and Supply Chain Management (10th ed.). Pearson.

Robbins, S. P. & Coulter, M. (2017). Management (13th ed.). Pearson Education.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sydsæter, K., Hammond, P., Seierstad, A. & Strøm, A. (2016). Further Mathematics for Economic Analysis (2nd ed.). Pearson.

Taha, H. A. (2017). Operations Research: An Introduction (10th ed.). Pearson.

Wardhani, P. & Azzahra, F. (2022). Studi Kasus Optimalisasi Penjualan Toko Fashion

Menggunakan Metode Kuantitatif. Jurnal Ekonomi Bisnis Terapan, 11(4): 134–140.

Wijaya, R. A. & Harahap, M. A. (2020). Optimalisasi Produksi Usaha Kecil dengan Metode

Lagrange. Jurnal Matematika dan Teknologi, 5(1): 33–40.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i3.7109

Article Metrics

Abstract view : 39 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Cici Sartika, Sri Yulia Safira, Ayu Ramadhani, Salsabila Intan, Budi Antoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.