Peran Teknologi dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris pada Siswa di Era Digital
Abstract
Perkembangan teknologi telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam bidang Pendidikan, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Kemampuan berbahasa Inggris memiliki peran penting di era globalisasi karena menjadi sarana utama dalam komunikasi lintas budaya, teknologi, dan sektor-sektor penting lainnya. Namun, rendahnya penguasaan Bahasa Inggris sering kali menyebabkan penurunan minat belajar siswa dan berdampak pada prestasi akademis mereka. Banyak siswa yang menganggap Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran yang sulit dipahami karena banyaknya aturan di dalamnya yang membuat mereka kesulitan, ditambah dengan metode belajar yang monoton dan membosankan. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis peran teknologi dalam meingkatkan minat belajar siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menganalisis berbagai sumber literatur yang relevan, seperti jurnal, buku, dan laporan penelitian sebelumnya. Hasil kajian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi, seperti media sosial dan aplikasi pembelajaran mampu meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Siswa merasa lebih nyaman dan tidak mudah bosan dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris berbasis teknologi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andi Sadriani, M. Ridwan Said Ahmad, & Ibrahim Arifin. (2023). Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 32–37. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.431
Andriani, D., Irawan, I., Effendi, E., & Sholikhah, A. U. (2023). Keefektifan Quizizz Sebagai Media Interaktif Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Bahasa Inggris dan IPA Pada Siswa VIII MTs Nurul Huda. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 15(2), 103–112.
Djafar, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Digital Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Inggris Di MTsN 2 Tidore Rasna Djafar untuk bersaing di pasar tenaga kerja global . adalah motivasi belajar siswa . Motivasi berperan penting dalam menentukan sejauh mana siswa British Cou. 9(01), 59–74.
Education First, E. (2024). EF EPI EF English Proficiency Index A Ranking of 116 Countries and Regions by English Skills. www.efset.orgwww.ef.com/epi
Hani, U., & Subhan, Y. A. (2024). Pemanfaatan Aplikasi CAKE sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Speaking dan Listening dalam Berbahasa Inggris. RENATA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita Semua, 2(2), 91–96. https://doi.org/10.61124/1.renata.45
Hanif, M., Mahendra Putra, I., & Saman, S. (2024). Adaptasi Guru terhadap Teknologi Pendidikan di Era Digital : Tantangan dan Peluang. 1033–1044.
IPA Suhardina. (2019). PERAN TEKNOLOGI DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR. 4(1), 92–102.
Kartika Rini, D., Suryaman, & Yoso, W. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Melalui Aplikasi Kahoot Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Rembang Kab. Pasuruan. Jurnal Education and Development, 7(2), 261–267. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1017
Lelu Ngongo, V., Hidayat, T., & Wiyanto. (2019). PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL. Higher Education in the Digital Age, 628–638. https://doi.org/10.1515/9781400866137
Mutia, I. K., Wosal, Y. N., & Monigir, N. N. (2023). Kesiapan Guru dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan di Bidang IPTEK. Jurnal Basicedu, 7(6), 3571–3579. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6378
Salsabila, U. H., & Niar, A. (2021). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. ISLAMIKA, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3115
Sasmitha, I., & Thamrin, H. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris Dengan Aplikasi Duolingo Sebagai Media Interaktif di Rumah Pintar YAFSI. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(2), 732–737. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i2.1414
Sumarmi, M. A. (2012). Pengaruh E-Learning Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Inggris (Studi Eksperimen pada SMK Negeri 3 Tabanan). Jurnal Penelitian Dan Evaluasi …, 1–19. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/article/view/384
DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i3.6699
Article Metrics
Abstract view : 16 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 7 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Rizkia Ragil Ramdani, Neila Neifa, Gyda Juan Nayola

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.