EFEKTIVITAS METODE FLIPPED CLASSROOM MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN PADA SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini mengkaji efektivitas metode Flipped Classroom dalam pembelajaran materi Proklamasi Kemerdekaan pada siswa SMA, dilatarbelakangi oleh pentingnya inovasi dalam pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Metode Flipped Classroom dipilih sebagai alternatif yang menjanjikan karena memungkinkan siswa belajar mandiri di rumah melalui berbagai sumber belajar, sementara waktu di kelas digunakan untuk diskusi dan aktivitas praktik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana metode ini dapat meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa, serta mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam penerapannya. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan melibatkan dua kelompok siswa, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan metode Flipped Classroom dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran tradisional. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur pemahaman siswa sebelum dan sesudah penerapan metode. Analisis data menggunakan SPSS versi 25 untuk menganalisis perbedaan rata-rata skor pre-test dan post-test antara kedua kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di kelas eksperimen menunjukkan performa yang lebih baik dibandingkan siswa di kelas kontrol. Analisis statistik menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok, yang mengindikasikan bahwa metode Flipped Classroom efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang materi Proklamasi Kemerdekaan. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa metode Flipped Classroom dapat menjadi alternatif yang efektif dalam proses pengajaran di sekolah, terutama dalam konteks pembelajaran sejarah yang sering dianggap kering. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti pentingnya dukungan institusi dan pelatihan guru dalam implementasi metode Flipped Classroom agar dapat dilaksanakan tanpa hambatan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Al Fiqri, Y., & Hasibuan, R. A. (2023). Pengembangan Modul Sejarah Lokal Riau Terintegrasi
Materi Pembelajaran Sejarah Tingkat SMA. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 9(2).
DeLozier, S. J., & Rhodes, M. G. (2017). Flipped classrooms: A review of key ideas and
recommendations for practice. Educational psychology review, 29(1), 141-151. https://doi.org/10.1007/s10648-015-9356-9
Dewi, R. F. D. R. (2024). Pengembangan Media Qr Card Game Merah Putih Pada Pembelajaran
Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Materi Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(10). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/65107
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v9i2.22756
Galindo-Dominguez, H. (2021). Flipped classroom in the educational system. Educational
Technology & Society, 24(3), 44-60.
Goedhart, N. S., Blignaut-van Westrhenen, N., Moser, C., & Zweekhorst, M. B. (2019). The
flipped classroom: supporting a diverse group of students in their learning. Learning Environments Research, 22, 297-310. DOIhttps://doi.org/10.1007/s10984-019-09281-2
Juita, H. R., Widiyarto, S., Apriliyani, N. Y. A., Megayanti, W., Ati, A. P., & Sumadyo, B.
(2025). Literature Learning to Instill Local Culture Using Digital Flipbooks for Elementary School Students. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 6(2), 420-426.
Nasruddin, S. P., Asep Deni, M. M., Linawati, R., Pusparani, I. G., Sos, S., Azwar Lahusin, S.
E., ... & Puspitafuri, C. (2024). Tantangan Dan Tren Masa Depan Dalam Pendidikan. Cendikia Mulia Mandiri.
Reidsema, C., Hadgraft, R., & Kavanagh, L. (2017). Introduction to the flipped classroom. The
flipped classroom: Practice and practices in higher education, 3-14. https://doi.org/10.1007/978-981-10-3413-8_1
Setiawati, N., Zubair, M., Mustari, M., & Ismail, M. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Flipped
Classroom Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMPN 17 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2351-2362. DOI: 10.29303/jipp.v7i4b.914
Setyowati, L., Hadi, I., Mubasyira, M. T., Saputri, N. L., & Widiyarto, S. (2024). Use Of You
Tube Media In Learning Writing Narratives In Junior High School Students. Project (Professional Journal of English Education), 7(4), 904-909.
Widiyarto, S. (2024). Pembelajaran Sastra Dan Budaya Melalui Buku Cerita Daerah Bagi Siswa
Sekolah Dasar. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 8(1), 92-98.
DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i2.6324
Article Metrics
Abstract view : 60 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 32 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Rimadany Yuda Chusata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.