Dampak Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Abstract
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan kemampuan dalam memecahkan masalah matematika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan mereka yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, di mana kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa penerapan model kooperatif tipe STAD, sedangkan kelas kontrol menjalani pembelajaran sebagaimana biasanya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini telah terbukti memenuhi kriteria validitas isi, serta memiliki tingkat reliabilitas yang sangat tinggi, dengan nilai masing-masing sebesar 0,992, 0,953, 0,955, 0,829, dan 0,943. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan dengan nilai p-value (Sig.) sebesar 0,000, yang jauh lebih kecil dari ambang batas 0,05, sehingga model regresi yang digunakan dalam penelitian ini terbukti sangat signifikan secara statistik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (9th ed.). McGraw-Hill Education.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Efikasi Diri Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Sinjai. (2023). Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 47-56.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2009). An Educational Psychology Success Story: Social Interdependence Theory and Cooperative Learning. Educational Researcher, 38(5), 365-379. https://doi.org/10.3102/0013189X09339057
Polya, G. (1945). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (2nd ed.). Princeton University Press.
Sari, R. K., Goretty, M., Ariyanto, L., & Purwati, H. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan GeoGebra. Eksponen, 11(1), 25-36.
Schoenfeld, A. H. (1992). Mathematical Problem Solving. Academic Press.
Sulastri, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 75-84.
Slavin, R. E. (1995). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice (2nd ed.). Boston: Allyn & Bacon.
Zuhaira, I., & Mukhtar. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Al-Fihris: Jurnal Pendidikan dan Sains Keislaman, 6(1), 45-56.
DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i1.6067
Article Metrics
Abstract view : 194 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 87 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dewi Wahyuni, Rosita Rosita, Eka Wahniati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.