PENGARUH NILAI-NILAI ISLAM, PENGALAMAN NASABAH TERHADAP CITRA MEREK DAN LOYALITAS NASABAH : STUDI BANK SYARIAH

Gryanda Ansor Siregar, Rusiadi Rusiadi

Abstract


Penelitian ini mengkaji bagaimana nilai-nilai Islam dan pengalaman nasabah mempengaruhi citra merek dan loyalitas nasabah bank syariah di Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan model regresi linear berganda pada data dari tahun 2013 hingga 2023, studi ini menganalisis hubungan antara nilai-nilai Islam, pengalaman nasabah, kepercayaan nasabah, dan inovasi produk terhadap pembentukan citra merek bank syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman nasabah dan inovasi produk memberikan dampak positif yang signifikan terhadap citra merek bank syariah, dengan koefisien masing-masing sebesar 0,887 dan 0,311. Menariknya, penerapan nilai-nilai Islam justru menunjukkan pengaruh negatif dengan koefisien -0,340, sementara kepercayaan nasabah tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Model penelitian memiliki tingkat akurasi yang sangat tinggi dengan nilai R Square mencapai 99,8%, mengindikasikan bahwa variabel-variabel yang diteliti hampir sepenuhnya menjelaskan variasi dalam pembentukan citra merek bank syariah.


Keywords


Nilai-nilai Islam, Pengalaman Nasabah, Citra Merek, Loyalitas Nasabah, Bank Syariah.

References


Harisandi, P., Hurriyati, R., Dirgantari, P., & Jalaludin, E. (2023). The Influence of Islamic Bank Customer Experience and Perception on Brand Equity and Customer Satisfaction Customer Satisfaction. International Journal of Educational Narratives.

Riady, A., Farida, I., Husna, M., & Elvi, E. (2024). Examining The Influence Of Islamic Branding, Physical Evidence, And Relationship Quality On Customer Loyalty In The Context Of Bank Syariah Indonesia (BSI) Makassar Branch At Unismuh. Jurnal Ekonomi Teknologi dan Bisnis (JETBIS).

Firdaus, A., & Amalia, H. (2024). The Role of Perceived Service Quality and Islamic Financial Literacy on Customer Loyalty In NTB Syariah Bank. International Journal of Islamic Business and Economics (IJIBEC).

Hisanuddin, I. (2015). Pengaruh Citra Merek Islam Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Di Kota Bandung). **, 2, 87-100.

Nafiah, N., & Pratama, A. (2021). Pengaruh Customer Intimacy, Promosi, dan Citra Merek Islam Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Godean 3 dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening. TRANSFORMATIF.

Nugraha, R., & Solekah, N. (2021). Anteseden Loyalitas Nasabah : Islamic Branding, Kualitas Layanan dan Kepercayaan. JURNAL NUSANTARA APLIKASI MANAJEMEN BISNIS.

Mukminin, M., & Latifah, F. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Terdahap Loyalitas Nasabah Bank Syariah di Sidoarjo (The Influence of Brand Image and Trust on Sharia Bank Customer Loyalty in Sidoarjo). Perisai : Islamic Banking and Finance Journal.

Nurjannah, A., Junaidi, H., & Maulana, C. (2023). Pengaruh Shariah Compliance dan Spiritual Marketing terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Palembang Sudirman. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking.

Fahimah, M., & Rahman, M. (2023). Loyalitas Nasabah dari Citra Merek dan Kepercayaan Merek Bank Syariah Indonesia cabang Jombang. JoEMS (Journal of Education and Management Studies).

Sari, R., Muchtar, A., & Santoso, S. (2023). Membangun Digital Brand Image Bank Syariah Indonesia. Account.

Wolfle, L. (1980). Strategies of Path Analysis. American Educational Research Journal, 17, 183 - 209.

Davino, C., Dolce, P., Taralli, S., & Vistocco, D. (2020). Composite-Based Path Modeling for Conditional Quantiles Prediction. An Application to Assess Health Differences at Local Level in a Well-Being Perspective. Social Indicators Research, 161, 907-936.

Rizvi, S., Narayan, P., Sakti, A., & Syarifuddin, F. (2020). Role of Islamic banks in Indonesian banking industry: an empirical exploration. Pacific-Basin Finance Journal.

Nugraha, K., Arief, M., Abdinagoro, S., & Heriyati, P. (2022). Factors Influencing Bank Customers’ Orientations toward Islamic Banks: Indonesian Banking Perspective. Sustainability.

Riani, R., & Rusydiana, A. (2022). SCIENTOMETRIC ANALYSIS OF DIGITAL BANKING: FUTURE ISLAMIC DIGITAL BANK IN INDONESIA. International Journal of Islamic Business Ethics.

Nafakhatussahariyyah, N., & Utami, C. (2024). Perbandingan Sustainability Report antara Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Bank Mandiri Berdasarkan Global Reporting Initiative (GRI) Tahun 2022-2023. JES (Jurnal Ekonomi Syariah).

Kusumaningrum, D., Sari, P., Panjaitan, A., & Panggiarti, E. (2023). Pengaruh Kombinasi Bisnis Pt. Bank Syariah Indonesia (Bsi) Tbk Terhadap Perkembangan Ekonomi Syariah Di Indonesia. CEMERLANG : Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis.

Farich, I. (2023). ANALYSIS OF DETERMINANT OF BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) MARKET SHARE BEFORE AND AFTER THE MERGER. Airlangga International Journal of Islamic Economics and Finance.

Slinker, B., & Glantz, S. (2008). Multiple Linear Regression: Accounting for Multiple Simultaneous Determinants of a Continuous Dependent Variable. Circulation, 117, 1732-1737.

Grant, S., Hickey, G., & Head, S. (2018). Statistical primer: multivariable regression considerations and pitfalls. European Journal of Cardio-Thoracic Surgery, 55, 179–185.

Larivière, B., & Poel, D. (2005). Predicting customer retention and profitability by using random forests and regression forests techniques. Expert Syst. Appl., 29, 472-484.

Shrestha, N. (2020). Detecting Multicollinearity in Regression Analysis. American Journal of Applied Mathematics and Statistics

Jankovic, S. (2022). The Multivariate Statistical Analysis – Multiple Linear Regression. International Journal on Biomedicine and Healthcare.

Ruan, Y. (2024). Exploring Multiple Regression Models: Key Concepts and Applications. Science and Technology of Engineering, Chemistry and Environmental Protection.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i2.6053

Article Metrics

Abstract view : 35 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Gryanda Ansor Siregar, Rusiadi Rusiadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.