DESAIN PENGELOLAAN KELAS MODEL MENCARI INFORMASI (INFORMATION SEARCH)

Khairul Umam Nasution, Meyniar Albina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pengelolaan kelas yang efektif dalam penerapan model pembelajaran mencari informasi (information search). Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan analisis data yang terdiri dari tahap organisasi, sintesis, dan identifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas yang dirancang dengan baik dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif, meningkatkan motivasi siswa, serta mendukung pembelajaran aktif dan kolaboratif. Model pencarian informasi membantu siswa untuk lebih aktif mencari, menganalisis, dan menyajikan informasi secara mandiri maupun kelompok, sehingga meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kerja sama. Tantangan utama dalam penerapan model ini adalah keterbatasan sarana pendukung dan kurangnya pemahaman guru tentang pengelolaan kelas yang sesuai. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan panduan pengelolaan kelas, seperti pengaturan ruang fisik, variasi metode pembelajaran, dan penerapan prinsip-prinsip pengelolaan kelas. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa model mencari informasi efektif dalam meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna.

Keywords


Pengelolaan Kelas, Model Mencari Informasi, Pembelajaran Aktif

References


Albina, M., Safi’i, A., Gunawan, M. A., Wibowo, M. T., Sitepu, N. A. S., & Ardiyanti, R. (2022). Model Pembelajaran Di Abad Ke 21. Warta Dharmawangsa, 16(4), 939–955. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2446

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Bumi Aksara.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Dyah, D. (2014). Pengelolaan Kelas Yang Efektif. Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma, 6(1), 61–67.

Fais, S. (2016). Implementasi Strategi Information Search Terhadap Peningkatang Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMK Manba’ul Falah Dawe Kudus Pada Tahun Pelajaran 2015/2016. IAIN Kudus.

Friani, I. F., Sulaiman, & Mislinawati. (2017). Kendala Guru dalam Menerapkan Model Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(1), 88–97. https://media.neliti.com/media/publications/188143-ID-kendala-guru-dalammenerapkan-model-pembe.pdf

Hayes, L. (2018). The Theory and Practice of Change Management. Palgrave.

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Mestika, Z. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Bogor Indonesia.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional. Rosda Karya.

Nurmalasari, N. (2019). Pendekatan Dalam Pengelolaan kelas. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 2(1), 1–10.

Pradja, B. P., Nurhasanah, N., & Noersetyani, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Information Search Berbasis Moodlecloud terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika 2019, 5, 161–166. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/568

Rustamana, A., Firman, M. A., Arifin, T. R. Z., & Suryaningrat. (2024). Metode Eksperimen. Sindoro Cendikia Pendidikan, 5(6), 1–10.

Salmiah, M., Rusman, ِa. A., & Abidin, Z. (2021). Konsep Dasar Pengelolaan Kelas dalam Tinjauan Psikologi Manajemen. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 13(1), 41–60. https://doi.org/10.47766/itqan.v13i1.185

Sarjono. (2008). Panduan Penulisan Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam.

Sodikin, M. A., Sumardi, K., & Berman, E. T. (2018). Penerapan Metode Information Search Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Informasi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kontrol Refrigerasi Dan Tata Udara. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(1), 50. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i1.12619

Wati, S. F., Saputra, A. A., & Efriliyanti, L. (2024). Manajemen Pengelolaan Kelas dalam Menciptakan Lingkungan Positif. Journal of Education Management Research, 2(1), 38–46.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v19i1.5660

Article Metrics

Abstract view : 163 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Khairul Umam Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.