Ekoliterasi Go Green Sekolah Untuk Menuju Well-Being

Arum Sanjayanti

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis ekoliterasi go green di sekolah menuju  go well-being pada siswa SMP.  Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model analisis Miles and Huberman kemudian divalidasi menggunakan metode triangulasi. Data primer diperoleh dari wawancara dengan siswa dan pemberian angket dengan indikator ekoliterasi go green. Data sekunder diperoleh dari buku, artikel ilmiah dan laporan penunjang penelitian. Analisis data terhadap angket yang diolah menggunakan rumus skala Likert. Hasil dan simpulan penelitian menunjukkan bahwa etika melihat sampah berserakan, sikap terhadap produk ramah lingkungan, upaya penegakan go green, praktik nyata peduli lingkungan, kesadaran berpikir berkelanjutan sebagian besar siswa setuju mampu sehinggga memupuk rasa peduli terhadap lingkungan dan seluruh upaya yang dilakukan oleh program go green dibutuhkan ekoliterasi yang sangat tinggi hingga berkelanjutan serta memberikan kontribusi perubahan berpikir futuristik dengan langkah tersebut akan meningkatkan go well being (sejahtera) umat manusia secara keseluruhan. 

Keywords


Ekoliterasi, go green, go well-being

References


Adzani, I. A., Azizah, K. N., Adiwinata, N. J., & Marthania, W. (2024). Implementasi Ekopedagogi Dalam Pembelajaran Sekolah Dasar: Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Dan Keterlibatan Siswa. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(1), 106-115.

Alissa, V. (2022). Kesa daran Peserta Didik dalam Penerapan Green School untuk Mendukung ESD (Education For Sustainable Development). EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), 51-60.

Amnuaylojaroen, T. (2023). Perspective on the Era of Global Boiling: A Future beyond Global Warming. Advances in Meteorology, 2023.

Anggraeni, I. (2024). Pembelajaran Ecoliteracy Pada Anak Usia Dini. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173.

Ati, A. P., Suprapto, H. A., Rizkiyah, N., Widiyarto, S., Fiyanto, A., & Purba, I. S. (2023). Penyuluhan Kebersihan dan Pemanfaatan Sampah Anorganik Pada SMA Alikhlas Kota Bekasi Jawa Barat. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(4).

Cleopatra, M., Sahrazad, S., Vernia, D. M., Widiyarto, S., & Suyana, N. (2024). Pengaruh Literasi Digital dan Soft Skill Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa SMK Kota Bekasi. Jurnal Pendidikan, 33(1), 463-468.

Faiqoh, N., Karyanto, P., & Indrowati, M. (2019, November). Karakteristik Pengembangan Media Pembelajaran untuk Menguatkan Ekoliterasi Siswa SMA di Era Revolusi Industri 4.0. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 16, No. 1, pp. 087-093).

Fitri, N. N., Wulandari, E., Budiman, M. A., & Ernah, E. (2024). Minat Beli Generasi Z terhadap Tumbler dan Sedotan Ramah Lingkungan. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 10(1), 702-716.

Irawati, H., Aprilia, N., & Saifuddin, M. F. (2024). Literasi Lingkungan Mahasiswa Keguruan. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 7(2), 91-97.

Lasaiba, M. A. (2024). Mitigation of Waste Pollution in Coastal Ecosystems and Mangrove Forests in Coastal Areas. Jurnal Pengabdian Arumbai, 2(1), 1-13.

Li, P., Zhuang, Y., Shi, B., & Zhang, K. (2023). Effects of boiling on iron particles in drinking water. Journal of Water Supply: Research and Technology-Aqua, 72(1), 83-95.

Listantia, N., & Al Idrus, A. (2024). Pengembangan Ekowisata Mangrove Gili Sulat Sebagai Upaya Keberlanjutan Ekosistem Pesisir Dan Karbon Biru (Blue Carbon) Untuk Bahan Ajar Pembelajaran Ipa. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 190-198.

Lyubomirsky, S., & Layous, K. (2013). How do simple positive activities increase well-being?. Current directions in psychological science, 22(1), 57-62. DOI: https://doi.org/10.1177/0963721412469809

Mansilla, C. A., Domínguez, E., Mackenzie, R., Hoyos-Santillan, J., Henríquez, J. M., Aravena, J. C., & Villa-Martínez, R. (2024). Peatlands in Chilean Patagonia: Distribution, biodiversity, ecosystem services, and conservation. In Conservation in Chilean Patagonia: Assessing the State of Knowledge, Opportunities, and Challenges (pp. 153-174). Cham: Springer International Publishing.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Miterianifa, M., & Mawarni, M. F. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Literasi Lingkungan dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Kesadaran Lingkungan. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 7(1), 68-73.

Napitupulu, N. D., Walanda, D. K., Napitupulu, M., & Walanda, R. M. (2022). Penguatan Budaya Literasi Ekologis Di Sekolah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 4420-4430.

Nurwidodo, N., Romdaniyah, S. W., Sudarmanto, S., Rosanti, D., Kurniawati, K., & Abidin, Z. (2021). Analisis Profil Berpikir Kritis, Kreatif, Keterampilan Kolaboratif, dan Literasi Lingkungan Siswa Kelas 8 SMP Muhammadiyah sebagai Impak Pembelajaran Modern. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 9(2), 605-619.

Partnership for 21st Century Skills. 2008. 21st Century Skills Education and Competitiveness: A Resource and Policy Guide. Tuscon: Partnership for 21st Century Skills. [Google Scholar]

Prasetio, V. M., Rismorlita, C. E., Zulfikar, A., Saputra, A. N., Ridwan, M., Ellena, N. A., & Walidaini, F. A. (2023, October). Workshop Pembuatan Sabun Padat Ramah Lingkungan Dari Bahan Dasar Eco Enzyme Serta Pembungkus Ramah Lingkungan Di Malaka Sari. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 4, No. 1, pp. SNPPM2023L-31).

Purnomowati, N. H., & Asrihapsari, A. Pengembangan Materi Go Green Bagi Siswa Sma Dengan Pendekatan Active Learning (Pilot Project pada SMA IT Nur Hidayah Sukoharjo). SEMAR: Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat, 10(2), 115-122.

Purnomo, B., & Widiyarto, S. (2023). The Effectiveness of the Value Clarification Technique in Learning History for High School Students in Bekasi. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 5916-5923.

Razak, A., & Diliafrosa, S. (2024). Analisis Jejak Karbon Dalam Produksi Dan Konsumsi Energi: Menuju Ekonomi Hijau. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 197-201.

Susilawati, S., Pujawati, E. D., Hafizianor, H., Purwanti, N., & Arisandi, M. R. (2023). Edukasi Cerdas Go Green Concept Untuk Generasi Yang Berwawasan Lingkungan Di SMPN 2 Bati Bati. BernaS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 3505-3511.

Saring, S., & Widiyarto, S. (2023). Problematika Manajemen Kurikulum Merdeka pada Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7925-7932.

Sandiar, L., Manurung, L., Ati, A. P., Rizkiyah, N., & Widiyarto, S. (2023). Penyuluhan Mengolah Sampah Bekas Menjadi Barang Ekonomis Pada Siswa Smp Yaspih Rajek Tangerang. Indonesian Journal Of Community Service, 3(1), 18-23.

Sutrisno, S. (2021). Sikap Dan Perilaku Konsumen Rumah Tangga Terhadap Produk Ramah Lingkungan. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 31(2), 120-133.

Tumpu, M., Lapian, F. E. P., Pasanda, O. S., Muliawan, I. W., Indrayani, P., & Yasa, I. G. M. (2022). Energi Hijau. Tohar Media.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i3.4756

Article Metrics

Abstract view : 78 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Warta Dharmawangsa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.