Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa PT. Sinergi Express Logistindo Pratama Medan
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas produk (jasa), harga, lokasi, dan promosi memiliki pengaruh yang signifikan, baik secara parsial maupun secara bersama-sama, terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa PT. Sinergi Ekspres Logistindo Pratama Medan, dan untuk mengukur sejauh mana pengaruh tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan melibatkan beberapa pengujian seperti analisis reliabilitas, uji penyimpangan asumsi klasik, dan regresi linier. Berdasarkan hasil regresi data primer yang diolah dengan menggunakan SPSS 19, persamaan regresi linier berganda yang diperoleh adalah Y = 7,807 + 0,078 X1 + 0,139 X2 + 0,062 X3 + 0,704 X4. Secara parsial, variabel produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen (1,165 < 1,985). Secara parsial, variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen (2,114 > 1,985). Secara parsial, variabel lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen (0,976 < 1,985). Secara parsial, variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen (11,517 > 1,985). Secara bersama-sama, nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel (34,785 > 2,20), menunjukkan bahwa variabel independen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen. Variabel produk (X1), harga (X2), lokasi (X3), dan promosi (X4) memberikan kontribusi sebesar 57,7% terhadap keputusan konsumen, sedangkan sisanya sebesar 42,3% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Berdasarkan kesimpulan tersebut, penulis menyarankan agar PT. Sinergi Express Logistindo Pratama Medan harus meningkatkan kualitas layanan mereka dengan memastikan pengiriman barang yang cepat dan aman. Selain itu, mereka harus memperluas atau mencari lokasi yang lebih strategis agar mudah dijangkau oleh calon konsumen. Konsumen PT. Sinergi Express Logistindo Pratama Medan didorong untuk memberikan kritik dan saran yang membangun untuk membantu meningkatkan layanan. Peneliti selanjutnya sebaiknya meneliti aspek-aspek lain dari bauran pemasaran pada PT. Sinergi Express Logistindo Pratama Medan untuk mengatasi masalah yang tidak tercakup dalam penelitian ini.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih. Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit. Prenhalindo.
Philip Kotler dan Amstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedelapan. Erlangga. Jakarta.
Donni Juni Priansa. (2017). Perilaku Konsumen. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Ristiyanti dan Jhon. (2014). Perilaku Konsumen. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Pakpahan, Manuntun. (2016). Manajemen Pemasaran. Medan: CV. Rural. Development Service.
Damiati, dkk. (2017). Perilaku Konsumen. Penerbit Rajawali Pers. Depok.
DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i3.4744
Article Metrics
Abstract view : 81 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 35 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Warta Dharmawangsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.