Analisis Peran Fasilitator Pendamping Dalam Pengembangan UMKM Pada PT BTPN Syariah Di MMS Labuhan Deli

Ayu Azari Tampubolon, Umar Hamdan Nasution, Sarah Nasution

Abstract


Penelitian ini membahas peran fasilitator pendamping dalam pengembangan UMKM di PT. BTPN Syariah Di MMS Labuhan Deli, perusahaan ini bergerak di bidang keuangan syariah yang mempunyai program yang berfokus pada pengembangan UMKM nasabah yang dijalankan oleh fasilitator pendamping, tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasikan peran fasilitator pendamping dalam pengembangan UMKM, menganalisis kendala yang dihadapi oleh fasilitator pendamping selama proses pengembangan UMKM, dan mencari solusi atas kendala tersebut. Metode pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan studi pustaka, sementara analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fasilitator pendamping memberikan perubahan positif terhadap usaha yang dijalankan nasabah PT BTPN Syariah dan nilai tertimbang Matrix Evaluasi Factor Internal (IFE Matrix) sebesar 3.19 mengindikasikan posisi fasilitator pendampingan dalam pengembangan UMKM pada PT. BTPN Syariah di MMS Labuhan Deli sangat kuat secara Internal. Sementara itu, nilai tertimbang Matrix Evaluasion Factor Eksternal (EFE Matrix) sebesar 2,99 menunjukkan bahwa fasilitator pendamping memiliki posisi yang relatif kuat dalam menghadapi dinamika lingkungan eksternal. Fasilitator pendamping pada PT. BTPN Syariah di MMS Labuhan Deli berada dalam kuadran pertama, mencerminkan kondisi yang sangat menguntungkan dengan kekuatan internal yang dapat memanfaatkan peluang, memungkinkan ekspansi, pertumbuhan, dan kemajuan yang maksimal. Penelitian ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang peran, kendala, dan solusi mentor dalam konteks pengembangan UMKM di PT. BTPN Syariah di MMS Labuhan Deli.

Keywords


Pengembangan UMKM, PT. BTPN Syariah Di MMS Labuhan Deli, Fasilitator Pendamping.

References


Ariani, N. W. D., & Suresmiathi, A. A. A. (2013). Pengaruh Kualitas Tenaga Kerja, Bantuan Modal Usaha dan Teknologi terhadap Produktivitas Kerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jimbaran. E-Jurnal EP Unud, 2(2), 102-107.

Mawaddah, S. dan Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Vol. 3, No. 2.

Shidieq, D. D. A., & Fitria, S. (2023). Analisis Pengembangan Bisnis Dengan Metode Boston Consulting Group (Studi Kasus Pada Brand Caynilv). Diponegoro Journal of Management, 12(4).

Slavin, Robert E. 2011. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Soekanto, Soejono. (2012). Sosiologi suatu pengantar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Suharyat, Y, dkk. (2022). Model Pengembangan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Islam. Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha

Suryadana, M Liga & Octavia, Vanny. 2015. Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: Alfabeta

Suryani, S. (2018). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkalis-Riau. Jurnal Ekonomi KIAT, 29(1), 1-10.

Suyedi, S.S & Idrus,Y (2019). Hambatan-Hambatan Belajar yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar Desain Jurusan PKK FPP UNT. Jurnal Gorga Seni Rupa.( Vol. 08 No.01 Hal.121)

Thomas, Glyn.2010. Facilitator, Teacher, or Leader? Managing Conflicting Roles in Outdoor Education. Journal of Experiential Education (online). Volume 32 (239-254).

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro,Kecil dan Menengah.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i2.4434

Article Metrics

Abstract view : 200 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 254 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.