ANALISIS KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN ACEH TENGGARA

Geri Suherman, Jaka Syahputra

Abstract


Setiap organisasi perlu meningkatkan kinerja organisasi.peningkatan tersebut dapat dilakukan melalui peningkatan kinerja sumber daya manusia atau individu yang dimiliki. Untuk meningkatkan kinerja individu, maka organisasi harus melakukan pengukuran kinerja.Salah satu dimensi yang dapat digunakan dalam pengukuran kinerja adalah kompetensi.Untuk itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, keterampilan, kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Tenggara. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengetahuan, keterampilan, kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Tenggara.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan 26 orang responden.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pembagian kuisioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan formula statistik, yakni dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dilakukan dengan program SPSS Versi 16. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuan, keterampilan, kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Tenggara.

Keywords


: Pengetahuan, Keterampilan, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kinerja Pegawai

References


Arcynthia, Lian M. (2013). Analisis Pengaruh Kompetensi Terhadap KinerjaKaryawan Pada PT. Bank Bukopin, TbkCabang Makassar. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Makassar: Universitas Hasanuddin.

Arikunto, Surharsimi, (2009). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rhineka Cipta.

Casmini.(2007). Emotional Parenting. Yogyakarta: Nuansa Aksara.

Dessler.Gary (2010).Manajemen Sumber Daya Manusia. Jilid 1 dan 2 Edisi kesepuluh. PT.Indeks. Jakarta.

Goleman, Danil. (2009). Emitional Intelligence.Kecerdasan Emosional Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. (Terjemahan T. Hermaya).Jakata : PT Gramedia Pustaka Utama.

---------------. (2007). Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hutapea, Parulian dan Nurianna Thoha.(2008). Kompetensi Plus. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kaswan.(2012). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Keunggulan BersaingOrganisasi. Jakarta: Graham Ilmu.

L. Mathis, Robert dan H. Jackson, John., (2011). Human Resource Management (edisi 10). Jakarta : Salemba Empat.

Moeheriono, (2014).Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor : Ghalia Indonesia.

Nasution, A. R. (2011). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sumatera Utara. Tesis, Medan : Universitas Sumatera Utara.

Nisak, Fahrun (2015). Pengaruh Pengetahuan, Keterampilan, Konsep Diri Dan Karakteristik Pribadi Terhadap Kinerja Staf Pada SMK N Sekota Pekalongan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang

Nurcahyo, Anton (2011). Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Pada PT. Quadra Mitra Perkasa Balikpapan. Jurnal Eksis ISSN 1816-2000 Vol.7 No.2.

Permenhub Nomor 46 Tahun 2012 tentang Pola Karir Pegawai Kementrian Perhubungan.

Purnawanti.(2009). Hubungan Emotional Quotient, Intellectual Quotient, dan Spritual Quotient Dengan Entrepeneur’s Performance.Jurnal Manajemen Bisnis, 2 (3), Desember 2009.Yogyakarta.

Robbins, Stephen P. & Timothy A. Judge. (2009). Organizational Behavior. 13 Three Edition, USA: Pearson International Edition, Prentice -Hall.

Rusiadi, et al. (2013).Metode Penelitian, Manajemen, akuntansi dan Ekonomi Pembangunan. Konsep, Kasus dan Aplikasi SPSS, Eviews, Amos dan Lisrel.Cetakan Kedua, Medan : USU Press.

Sagala, Syaiful. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sedarmayanti, (2007).Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Bandung: Mandar Maju.

------------------, (2008), Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Bandung.

Sella, Irma Ervita. (2016). Pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ) Dan Kecerdasan Emosional (EQ) Terhadap Kinerja Karyawan PT Lautan Teduh Cabang Pahoman Bandar Lampung.Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Sinambela, Lijan Poltak. (2012). Kinerja Pegawai Teori Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta: Graham Ilmu.

Sitohang, Sonang (2009), Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia TerhadapKinerja Pengrajin Sentra Industri Kecil Tenun Ikat. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya.

Sudarmanto.(2009). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Cetakan

Pertama, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutiyono, Agus. (2010). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Berbasis Kompetensi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Petugas Satuan Polisi Pamong Praja.Disertasi. Jakarta: Program Pasca Sarjana.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Veithzal Rivai. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktek. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Vendy, Try Leo. (2010). Brilian At Work For Leader Menjadi Pemimpin BriliantDalam Pekerjaan Dan Kehidupan Anda. Yogyakarta: Pohon Cahaya.

Wibowo, 2007.Manajemen Kinerja. Edisi Kedua, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

--------. (2014). Manajemen Kinerja. Edisi keempat, Jakarta: Rajawali Pers.

Widyaningrum.(2011). Influence of Motivation and Culture on Organizational Commiitmen and Performance of employee of medical Services.Academic Research International. Volume 1, issue 3.

Yulianto, Tri (2016). Pengaruh Kecerdasan Intelektual Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Pengalaman Sebagai

Variabel Moderating Pada Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Dan Pengawasan Bangunan Malang.Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4286

Article Metrics

Abstract view : 134 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.