MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA DIORAMA

Mawar Sari, Rizky Khaliza, Annisa Annisa, Siti Maulidiyah, Nabila Gusti Zahra

Abstract


Media diorama merupakan sebuah model tiga dimensi yang menggambarkan adegan atau situasi tertentu pada skala kecil yang ditempatkan pada kotak atau ruang tertentu. Media ini seringkali dirancang menggunakan bahan seperti kertas, karton, cat, tanah liat, dan miniatur untuk merepresentasikan adegan yang ingin ditampilkan. Dengan adanya media pembelajaran diorama akan mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan guru dan juga memudahkan guru dalam menyalurkan materi yang akan diajarkan. media diorama dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, hal tersebut terbukti dari beberapa studi yang menunjukkan bahwa penggunaan media diorama memiliki dampak positif terhadap keaktifan belajar siswa. keaktifan belajar siswa dapat meningkat melalui aktivitas fisik, psikis, dan emosional. Penggunaan diorama dapat mendorong diskusi dengan memberikan peserta didik kesempatan secara nyata untuk melibatkan diri dalam pengamatan, analisis, dan pemahaman atas objek-objek yang dipresentasikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa media diorama dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Keywords


Media, Diorama, Pembelajaran IPA.

References


Ardhani et al,.( 2021). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran IPA Kelas IV SD.” Jurnal Pijar Mipa 16 (2): 170.

Hazmiwati, Hazmiwati.(2018). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7 (1): 178.

Jannah, M., & Basit, A. (2019). Penerapan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Maimunah, Maimunah. (2016). “Metode Penggunaan Media Pembelajaran.” Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban 5 (1).

Neolaka, Amos dan Grace Amialia A. Neolaka. (2015). Landasan Pendidikan DasaPengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana.

Riwahyudin, Arvi. (2015). “Pengaruh Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau.” Jurnal Pendidikan Dasar 6 (1): 11.

Widiana, I Wayan. (2016). “Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 5 (2): 147.

Yuniarsih, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Media Diorama. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1).

Yunidawati et al. 2019.“Implementasi Model Pembelajaran Experiential Learning Untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa Dalam Mencipta Puisi Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Ngebel Tahun Ajaran 2017/2018.” Widyabastra 07 (1): 26–36.

Nadhliroh, I., Prasetyaningtyas, F. D., & Artikel, I. (2018). Pengembangan Media Diorama Berbasis Audiovisual Pada Muatan Ips Kelas V. Joyful Learning Journal, 7(4), 25–33.

Prastowo. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.

Prabowo, D. M. (2019). Pegembangan Media Diorama 3 Dimensi Dalam Pembelajaran Ipa Materi Ekosistem Kelas V. Joyful Learning Journal, 6(4), 234–242.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Rizqiya, H. M. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Diorama Untuk Meningkatkan Motivasi Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Ilmu Pendidikan Sosial di MI NU Nurul Haq Kudus ( Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari.Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO). 1 (2), 128-139.

Evitasari, A. D., & Aulia, M. S. (2022). Media Diorama Dan keaktifan belajar Peserta Didik Dalam pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1), 1.

Budiani, L. S., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2023). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi melalui Penggunaan media diorama di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1011–1016.

Murtiana, A. I. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar IPA Tentang Ekosistem Pada Siswa Kelas V SD Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Program Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Aprilia, H & Linda I,P, (2020). Penggunaan Media Diorama: Solusi Pembelajaran Matematika Materi Skala Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Jenjang Dasar. Teori dan Riset Matematika, Vol. 5, No.2.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4265

Article Metrics

Abstract view : 617 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 335 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Warta Dharmawangsa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.