PERSEPSI NON-MUSLIM TERHADAP KONSEP PARIWISATA HALAL DI SUMATERA UTARA
Abstract
Negara yang mayoritas berpenduduk non-muslim menggunakan pariwisata halal untuk menarik wisatawan muslim dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan. Namun terjadi perdebatan tentang penggunakan konsep pariwisata halal di Sumatera Utara di daerah mayoritas non-muslim yang dianggap bentuk islamisasi, tentunya perlu dikaji dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi non-muslim terhadap pariwisata halal di Sumatera Utara. Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan teknik pengumpulan data melalui pengamatan langsung (observasi), wawancara mendalam (depth interview) yaitu sumber non-muslim sebagai informan yang beragama non-muslim yang memiliki berbagai profesi. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis, ditelaah dan dieksplorasi dengan beberapa laporan hasil kajian, jurnal dan dokumen lainnya yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa non-muslim yang berprofesi sebagai pembisnis lebih mendukung pariwisata halal mendukung pariwisata halal dibandingkan dengan profesi lainnya. Para akademisi memerlukan kajian dan memanfaatkan bahasa Indonesia sebagai pengganti kata pariwisata halal, dan profesi lainnya menolak dengan keras parisiwa halal.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
BPS Sumatera Utara, 2019.
Data Kemendagri per Juni, 2021. Di kepulauan Nias 98,81% memeluk agama Kristen, kabupaten Tapanuli Utara pemeluk Kristen sebanyak 95,18%, kabupaten Dairi pemeluk Kristen sebanyak 84,09% dan lainnya.
Eka Dewi Satriana dan Hayyun Durrotul Faridah, Wisata Halal: Perkembangan, Peluang, Dan Tantangan. Journal of Halal Product and Research (JHPR) Vol. 01 No.02, Mei-November 2018.
Evie Ayu Juwita Siregar, Wisata Halal Dalam Pengembangan Wisata Danau Toba (Studi Deskriptif Di Desa Tomok Parsaoran, Kabupaten Samosir). Skripsi Departemen Antropologi Sosial Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara Medan 2019.
Faizul Abrori, Pariwisata Halal dan Peningkatan Kesejahteraan. Malang; CV. Literasi Nusantara, 2020.
Fanut Ibrahim dan Hendri Hermawan Adinugraha, Persepsi Konsumen Non-Muslim Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Halal. Li Falah-Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam Volume 5 (No.1 2020) 150-170 P-ISSN: 2541-6545, E-ISSN: 2549-6085.
Felicia, Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Halal Umkm Di 212mart Medan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis [JIMEIS] Vol 1 Nomor 3 November 2021, hal : 1-12 ISSN: 2808-6686.
Grisna Anggadwita, DiniTuripanam Alamanda, and Veland Ramadani, Halal Label vs Product Quality in Halal Cosmetic Purchasing Decisions. IKONOMIKA: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Volume 4, No 2 (2019) ISSN: 2527-3434 (PRINT) - ISSN: 2527-5143 (ONLINE) Page: 227 – 242.
Junaid Rana, The Story of Islamophobia, Islam and Black America. Souls 9 (2): 148–161, 2007 / Copyright # 2007 The Trustees of Columbia University in the City of New York / 1099-9949/02 / DOI: 10.1080/10999940701382607.
Kurnia Fitra Nanda dan Retty Ikawati, Hubungan Persepsi Label Halal MUI Terhadap Minat Beli ProdukMakanan Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Journal of Food and Culinary, e-ISSN2621-8445| p-ISSN Vol. 3, No. 1, Juni 2020, 1-9.
Salman Nasution, Konsep Pariwisata Halal Berbasis Ekonomi Kreatif Dengan Sharia Regulation dalam Meningkatan Pendapatan dan Kesejahteraan Masyarakat di Sumatera Utara. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Vol 21 No 2 Tahun 2021.
Soraya Ratna Pratiwi, Susanne Dida dan Nuryah Asri Sjafirah. Strategi Komunikasi dalam Membangun Awareness Wisata Halal di Kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 6, No. 1, Juni 2018, hlm. 78-90.
Supiati Abdullah, Islam Bukan Agama Kekerasan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), Vol. II, No. 3, Desember 2017- Mei 2018.
Talisa Rahma Pramintasari dan Indah Fatmawati, Pengaruh Keyakinan Religius, Peran Sertifikasi Halal, Paparan Informasi, dan Alasan Kesehatan Terhadap Kesadaran Masyarakat Pada Produk Makanan Halal. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol 8. No.1 Maret 20172017.
https://news.detik.com/berita/d-4690578/mahasiswa-pecinta-danau-toba-aksi-tolak-wisata-halal
https://www.idxchannel.com/, atau lihat https://www.idxchannel.com/syariah/kembangkan-pariwisata-halal-potensi-kunjungan-wisman-muslim-capai-24-juta-orang-di-2024.
https://www.thoughtco.com/christians-of-the-middle-east-2353327.
DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4263
Article Metrics
Abstract view : 335 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 151 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Warta Dharmawangsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.