DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP KETAATAN BERIBADAH MAHASISWA KRISTEN POLITEKNIK UNGGUL LP3M

Tumini Sipayung, Roma Sihombing

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak media sosial terhadap ketaatan beribadah mahasiswa Kristen di Politeknik Unggul LP3M. Media sosial telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di kalangan mahasiswa. Media sosial memberikan sarana bagi individu untuk berkomunikasi, berbagi informasi dan terlibat dalam interaksi sosial. Metodologi penelitian ini melibatkan survei dan wawancara mendalam dengan mahasiswa Kristen di Politeknik Unggul LP3M untuk mengetahui pendapat dan pengalaman mereka terkait penggunaan media sosial dalam praktik keagamaan. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bagaimana dampak positif dan negatif penggunaan media sosial terhadap ketaatan beribadah mahasiswa Kristen. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pemahaman kita tentang dinamika hubungan antara teknologi informasi dan aspek-aspek spiritual kehidupan mahasiswa. Selain itu, penelitian ini dapat memberikan landasan untuk pengembangan strategi pendekatan yang lebih efektif dalam membimbing dan membentuk kehidupan spiritual mahasiswa di tengah arus informasi yang terus berkembang.

Keywords


Dampak, Media Sosial, Beribadah

References


Aditia, R. (2021). Fenomena Phubbing: Suatu Degradasi Relasi Sosial Sebagai Dampak Media Sosial. KELUWIH: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(1), 8-14.

Bernardus Palapessy, Syahroni, Jose Soares, Joao Martins. “PENYALAHGUNAAN MEDIA SOSIAL.” Binus Graduate Program. Last modified 2018. https://mti.binus.ac.id/2018/04/04/penyalahgunaan-media-sosial/

Mariskhana, K. (2018). Dampak media sosial (facebook) dan gadget terhadap motivasi belajar. Jurnal Perspektif, 16(1), 62-67.

Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika, 1(1), 18- 29.

Wibisono, Taufik & Mulyani, Yani Sri. (2018). Analisis Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Akademik Pelajar Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ekonomi Manajemen 4(1)

Widyananda, Rakha Fahreza. “10 Macam Media Sosial Yang Paling Sering Digunakan Oleh Orang Indonesia.” Merdeka.Com. Jawa Timur, 2020.

Yosia, B. (2021). Tinjauan Etika Kristen Terhadap Penggunaan Media Sosial. LUXNOS: Jurnal Sekolah Tinggi Pelita Dunia.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4255

Article Metrics

Abstract view : 106 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.