UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA

Sri Wahyuni, Amanda Junita Tanjung, Fahmil Abdillah, Irma Diani Hasibuan, Nur Sahdiah Siregar

Abstract


Kondisi dalam proses pembelajaran yang ditandai dengan adanya hambatan tertentu dalam mencapai hasil belajar disebut dengan kesulitan belajar. Sepanjang proses pembelajaran, hambatan-hambatan tersebut dapat bersifat sosiologis, psikologis, atau fisiologis, dan dapat disadari atau tidak disadari. Pada anak-anak dan remaja, kesulitan belajar adalah hambatan atau gangguan belajar yang ditandai dengan adanya kesenjangan yang signifikan antara kemampuan akademik dan kecerdasan siswa. Wawancara, pencatatan yang cermat, dan observasi adalah semua bentuk metode penelitian. Kepala sekolah, guru BK, guru mata pelajaran, dan siswa kelas VI SD merupakan contoh informan yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data penelitiannya. Hasil penelitian menunjukkan Peneliti menemukan bahwa beberapa siswa disana ada yang mengalami kesulitan belajar dikarenakan Kesulitan-kesulitan ini sering berasal dari ketidakmampuan siswa yang dirasakan untuk mengatasi tuntutan yang diberikan kepada mereka dalam setiap kegiatan belajar, yang mengakibatkan hasil yang kurang memuaskan. Hasil wawancara dengan guru bimbingan dan konseling mengungkapkan bahwa upaya yang akan dilakukan akan memberikan dampak yang signifikan terhadap siswa yang terdiagnosis kesulitan belajar. Upaya guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi siswa yang memiliki kesulitan belajar yaitu dengan cara memberikan bimbingan yang sesuai dengan permasalahan siswa tersebut.


Keywords


Guru BK, Kesulitan Belajar, Siswa

References


Muhibbin Syah. 2013. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.

Thomas, H., & Martina, D. (2022). Application Of Cooperative Learning Model In Increasing Students’ Motivation, Learning Participation And Creativity. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 314–319. https://doi.org/10.56248/educativo.v 1i1.55

Nusroh, S., & Luthfi, E. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Serta Cara Mengatasinya. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 71-92.

Restu Amalianingsih dan Hadi. “Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam Penyelenggaraan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Menengah Kejuruan”. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan Volume 05 Number 01 2021. H. 51

W.S, Winkel. 2013. Bimbingan dan Konseling disekolah Menengah. Jakarta: Grasin




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4254

Article Metrics

Abstract view : 112 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.