PENGARUH KUALITAS LAYANAN CALL CENTER TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK DI KOTA BANDA ACEH
Abstract
Bisnis perbankan merupkan bisnis jasa yang berdasarkan pada kepercayaan sehingga masalah kualitas layanan call center menjadi faktor yang sangat menentukan dalam keberhasilan usaha, apalagi ditambah jumlah perbankan di Aceh khususnya sudah merebah hampir mencapai 17 bank antara lain Bank Mandiri, BRI, BRI Syariah, Danamon, Danamon Syariah, BPD, BTPN, BTN, BNI, BII, Mandiri Syariah, Muamalat, Bukopin, BPD Syariah, Permata Bank, Permata Syariah. Kualitas layanan call center merupakan suatu bentuk penilaian konsumen/nasabah terhadap tingkat layanan yang diterima (perceived service) dengan tingkat layanan yang diharapkan (expected service). Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar 0,987 dimana dengan nilai tersebut terdapat hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat sebesar 98,7%. Sementara koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,975, artinya 97,5% perubahan dalam variabel terikat yaitu loyalitas nasabah dapat dijelaskan oleh perubahan-perunbahan dalam faktor kualitas layanan call center, sedangkan selebihnya 2,5% dijelaskan oleh faktor-faktor lain. Hasil uji Fhitung sebesar 729.518, sedangkan Ftabel pada tingkat signifikan α=5% adalah sebesar 2,305. Hal ini memperlihatkan Fhitung > Ftabel dengan tingkat signifikan 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan nasabah secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank di Kota Banda Aceh.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Loyalitas Nasabah, Call center.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. (2005). Manajemen Penelitian Edisi Revisi. Jakarta. Penerbit Rineka Cipta.
Alma, Buchari. (1998 ). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung
Griffin, Jill. (1995). Customer Loyality How To Earn It, How To Keep It, USA definition of Simon and Schukers inc.
Kotler, Philips. (1993). Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan Implementasi Dan Pengendalian. Erlangga. Jakarta.
Kotler, Phillips. (2000). Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan Implementasi Dan Pengendalian. Erlangga Jakarta.
Kuncoro. M . (2001). Metode Kuantitatif .Yogyakarta . UPP AMP.
Munir. A. A. S. (1991). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia . Gramedia. Jakarta.
Payne, Adrian. (2000). The Essence of Service Marketing Pemasaran Jasa. Andi. Yogyakarta
Olson, Peter. (1993). Customer Behavior And Marketing Strategy, Richard D. Irwan inc, Boston, third edition.
Sekaran, Uma. (2000). Research Methods For Business A Skill Building Approach, Third Edition. Singapore John Wiley And Sons.Inc.
Soetjipto, Budi .W. (1997). Service Quality Management Usahawan-Lembaga Manajemen FE UI Jakarta
Tjiptono, Fandy. (2000). Strategi Pemasaran. Andi. Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v17i4.3822
Article Metrics
Abstract view : 241 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 339 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Warta Dharmawangsa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.