PENERAPAN METODE MULTIPLE INTELIGENCES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN
Abstract
Riset ini bertujuan untuk menceritakan atau mendeskripsikan  penggunaan metode kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences) dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang fokus pada strategi pembelajaran dan aktifitas belajarnya. Implemntasi  metode studi kasus dipilih sebagai metode penelitian ini untuk mengungkap tentang strategi pembelajaran dan aktiitas belajar bahasa Inggris dengan menggunakan metode Multiple Intelligenges di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Data diperoleh dengan pengamatan d an wawancara. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa strategi pembelajaran bahasa Inggris yang digunakan di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan mengacu pada pengembangan Multiple Intelligences yang didukung dengan kurikulum, materi pembelajaran, sumber daya manusia dan proses pembelajaran yang telah disesuaikan tanpa meninggalkan kurikulum Nasional dan dikombinasi dengan kurikulum internasional. Aktifitas belajar bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dirancang untuk mengembangkan kecerdasan majemuk siswa dan kemampuan berbahasa (berbicara, menulis, mendengar, membaca) secara bersamasama dengan kegiatan yang sangat bervariasi, menyenangkan dan kreatif.
Kata Kunci: Strategi pembelajaran, hasil belajar, Bahasa inggris, multiplu intelegences
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Armstrong, T. (2003). The Multiple Intelligences of Reading and Writing, vol. 5, Association for Supervision and Curriculum Hamalik, Oemar. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Development, Alexandria.
Basheer Nomass, B. (2013). The Impact of Using Technology in Teaching English as a Second Language. English Language and Literature Studies, vol. 3, no. 1, pp. 111–6
Demirci Assoc, C. (2017). The Effect of Active Learning Approach on Attitudes of 7 th Grade Students. International Journal of Instruction, vol. 10, no. 104, pp. 129– 44.
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional
Dick, Walter & Carey Lou, (1985), The Systematic Design of Intruction, London,. Scott, Foresman and Company
Gardner, H., 1983, Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New. York: Basic Books. Gilmore
Kemp, Jerrold E. (1995). Instruction Desigen: A Plan for Unit and Course Development, Belmon: Feron
Miles, M. & Huberman, A.M. (1994). Qualitative Data Analysis : An Expanded Sourcebook, 2nd edn, Sage Publications, Thousand Oaks
Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya
Oxford, Rebbeca L. (1990). Language Learning Strategies. Boston: Heinle &. Heinle Publishers
Paul, Suparno. 2004. Teory Intelligensi Ganda Dan Aplikasinya Di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.
Piaget, Jean (1954). The Construction of Reality in the Child. New York: Ballantine Books.
Sanjaya, wina. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar.Jakarta : Kencana, Prenada Media Group.
Uysal, N.D. & Yavuz, F. (2015). Teaching English to Very Young Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, vol. 197, no. February, pp. 19–22.
Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Media Grup.
DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v17i4.3816
Article Metrics
Abstract view : 184 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 193 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Warta Dharmawangsa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.