PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUNDTABLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA

Rindi Anjani, Nurhayati Nurhayati, Diah Kusyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks eksplanasi menggunakan model pembelajaran roundtable pada siswa kelas XI MAS Al Washliyah Tanjung Beringin Tahun Pembelajaran 2022-2023, Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah one group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah 150 siswa dengan sampel 74. Teknik pengambilan sampling menggunakan rondam sampling. Teknik pengujian hipotesis melalui uji t, perolehan mean pada kelas eksperimen sebesar 82,43 dan pada kelas kontrol 69,5. Pada t hitung diperoleh hasil 7,264 yang dibandingkan yaitu 7,264>2,660. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model pembelajaran roundtable pada siswa kelas XI MAS Al Washliyah Tanjung Beringin Tahun Pembelajaran 2022-2023.

Kata Kunci : Roundtable, Menulis Teks Eksplanasi


References


Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. 2015. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inivatif). Bandung: Yrama Widya.

Arends. 2010. Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arra, C. T., 2011. Students Preferences for Cooperative Learning Instructional Approaches: Considerations for College Teachers. Eastern Educational Research Association, p. 115.

Barkley, E., 2012. Collaborative Learning Techniques. Bandung: Nusa Media.

Barkley, E., Cross, K. P., & Major, C. H. 2012. Collaborative Learning techinques: Teknik-Teknik Pembelajaran Kolaboratif. Bandung: Nusa Media.

Kagan. 2011. Cooperative Learning. San Clemente: Kagan Publishing.

Knapp, Watkins. 2015. Genre, Text, Grammar Technologies for Teaching and AssessingWritting. Sydney: Universitas of New South Wales.

Kurniawan, Sutardi. 2012. Pembelajaran Menulis Kreatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kurniasih, Berlin. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesional Guru. Jakarta: Kata Pena.

Mukrimaa, Syifa. 2014. Metode Belajar Dan Pembelajaran. Bandung:Indonesia University Of Education.

Mahsun. 2013. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyadi. 2013. Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widitia

Novita Andyani, Kundharu Saddhono, Yanto Mujyanto. 2018. “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual pada Siswa Sekolah Menengah Pertamaâ€. Skripsi. Bandung: FKIP universitas Sebelas Maret.

Subandi. 2014. Ilmu Dakwah: Pengantar kearahMetodologi. Bandung: Syahida, cet. Ke-14.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif Konsep, Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP). Jakarta : Kencana Prenanda Media Group.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wicaksono, A., 2014. Menulis kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawaca.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v17i4.3814

Article Metrics

Abstract view : 94 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.