PENGELOLAAN DANA DESA BERBASIS MODAL SOSIAL DI DESA MUARA SIAMBAK DAN DESA SIMPANG TOLANG

Imam Rinaldi Nasution, Nur Ambia Arma

Abstract


Mewujudkan tata Kelola keuangan desa tanpa merubah system sosial yang ada harus dilakukan dengan pengelolaan secara tepat, jujur, transparan dan saling percaya antar pelaksana dengan Masyarakat. Tujuannya adalah untuk meningkatkan profesionalisme dan kerjasama yang lebih baik kedepannya diluar dari peningkatan Pembangunan desa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan dana desa berbasis modal sosial pada desa Muara Siambak dan Desa Simpang Tolang, dengan indicator jaringan, kepercayaan dan norma yang berlaku. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif, dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumen. Teknik Analisa yang dilakukan melalui tahap kondensasi data, data display atau penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasilnya mengungkapkan bahwa Pengelolaan dana desa berbasis modal sosial di desa Muara Siambak belum cukup baik. Berdasarkan tiga indikator modal sosial yaitu, kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah desa dalam perencanaan, pelaksanaan maupun pertanggung jawaban terhadap penggunaan dana desa sudah cukup baik atau tidak cukup tinggi. Sedangkan Pengelolaan dana desa berbasis modal sosial di desa Simpang Tolang Jae cukup baik (cukup tinggi) dibandingkan dengan desa Muara Siambak. Berdasarkan indikator modal sosialnya yaitu: kepercayaan masyarakat desa Simpang Tolang Jae jauh lebih tinggi karena berdasarkan hasil wawancara singkat kepada warga desa Simpang Tolang Jae, tidak ada warga yang menyatakan tidak percaya, hanya saja beberapa  warga desa yang dimintai keterangan ada yang menyatakan kurang percaya, dan sebagian warga desa lainnya menyatakan percaya kepada pemerintah desanya, serta ada juga warga desa yang menyatakan sangat percaya . Kemudian norma dalam pengelolaan dana desa telah memenuhi kaidah saling menguntungkan.

Kata Kunci: Pengelolaan Dana Desa, Jaringan, Kepercayaan, Norma


References


Bourdieu, Pierre [1983](1986) “The Forms of Capitalâ€, dalam J. Richardson, ed. Handbook of Theory and Research for the Sociology of Education. Westport, CT: Greenwood Press.

Coleman, James S. (1988) ‘Social capital in the Creation of Human Capital’ American Journal of Sociology 94: S95-S120.

Fukuyama, Francis. 1995. Social Capital and the Global Economy. Foreign Affairs, 74(5), 89-103.

Hauberer, Julia. 2011. Social Capital Theory: Towards a Methodological Foundation, 1st Ed. Germany: Verlag fur Sozialwissenschaften.

Kadushin, C. 2004. Introduction to Sosial Network Theory. Diakses dari http://www.cin.ufpe.br/~rbcp/taia/Kadushin_Concepts.pdf pada tanggal 15 September 2016.

Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.

Nurcholis, Hanif, 2011. “Pertumbuhan & Penyelenggaraan Pemerintahan Desaâ€, Penerbit Erlangga.

Putnam, Robert (1993) “The Prosperous Community: Social Capital and Public Life," The American Prospect,13 (Spring 1993): 35-42.

Sibarani, Robert. 2012. Kearifan Lokal. Jakarta: Asosiasi Tradisi Lisan.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharjo. (2014). Peran Modal Sosial dalam Perbaikan Kualitas Sekolah Dasar di Kota Malang. Disertasi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Thomas.2013,â€Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Upaya Meningkatkan Pembangunan Di Desa Sebawang Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidungâ€,eJurnal Pemerintahan Integratif. Volume 1, Nomor 1, Hal. 51-64.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Zulham, M. Ulinnuha. 2012. Strategi Peningkatan Produktivitas Petani Melalui Penguatan Modal Sosial (Studi Empiris di Kecamatan Guntur Kabupaten Demak). Skripsi. Tidak Diterbitkan. Semarang: Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v17i4.3813

Article Metrics

Abstract view : 49 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.