LITERASI KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS BUDAYA MELAYU DI HAMPARAN PERAK

Maria Ulfa Batoebara, Suhariyanti Suhariyanti

Abstract


Literasi komunikasi, manusia tidak terlepas dengan perkembangan IPTEK informasi yang begitu luas. Kecanggihan yang ditimbulkan juga membawa efek pada pemahaman manusia dalam menguasi beragam budaya warisan leluhur. Masyarakat yang mendiami suatu wilayah diharuskan memahami budaya maupun kepercayaan sebagai dasar menghadapi maraknya selisih paham. Pergeseran pola kehidupan masyarakat saat ini mengalami tahap mengejutkan, pasalnya masyarakat dengan tidak sadar sedang diarahkan pada kemajuan teknologi. Kendati demikian urgensi mendasar sebenarnya tidak jauh pada kesadaran masyarakat itu sendiri atas sebuah jati diri yang dimilikinya budaya maupun kepercayaan.Sungguh, cerita yang menarik untuk diajarkan pada anak maupun peserta didik. Saat ini di era yang sudah berbasis teknologi, manusia dimanjakan dengan segala kecanggihan, sehingga Manusia cenderung mengikuti perkembangan zaman dan mengesampingkan budaya leluhur. Hal ini sangat menyedihkan jika budaya leluhur tidak dilestarikan dan dipertahankan. Fakta ditemukan dari hasil wawancara di Sekolah SMP Ibnu Khaldun Medan, di era 4.0 yang serba teknologi ini ditemukan 90% siswa tidak mengetahui budaya Melayu atau pun penutur bahasa Melayu yang ada di Sumatra Utara. Selanjutnya 10% yang tersisa mereka hanya memahami penggunaan bahasa dan budaya melayu itu milik orang Malaysia karena menonton kartun Upin dan Ipin dengan bahasa Melayu. Sungguh fenomena yang memprihatinkan.Menggunakan metode pengembangan (developmental research) dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model 4-D (define, design, develop, disseminate).Hasil penelitian literasi komunikasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis budaya melayu berdasarkan analisis kebutuhan menyatakan bahwa pengembangan bahan ajar sangat dibutuhkan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta menyelaraskan tujuan pembelajaran dengan ketetapan kurikulum terbaru oleh pemerintah serta menambah ketertarikan siswa dalam belajar.

Kata Kunci : Literasi Komunikasi, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Budaya
                          Melayu


References


Alfin, J. (2018) ‘Membangun Budaya Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0’, Pentas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), pp. 60–66. Available at: https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2511.

Anggraini, S. (2016) ‘Budaya Literasi Dalam Komunikasi’, WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(3), pp. 264–279. Available at: https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/51.

E.Mulyasa (2013) Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ismaya, I., Elihami, E. and Galib, A.A.C. (2022) ‘Pendidikan Literasi Komunikasi: Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Komunikasi yang Efektif’, Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), pp. 1148–1153. Available at: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3578.

Lubis, L., Ridwan, R. and Saleh, A. (2022) ‘Literasi Komunikasi Warganet Generasi Milenial Di Media Sosial (Studi Kasus Warganet Di Kota Mataram)’, Jurnal Ilmu Perpustakaan …, 4(2). Available at: http://journal.ummat.ac.id/index.php/JIPER/article/view/8695%0Ahttps://j ournal.ummat.ac.id/index.php/JIPER/article/download/8695/4542.

Putra, E.D., Marhamah, M. and Ramadan, Z.H. (2018) ‘Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Nilai-Nilai Budaya Melayu Di Sekolah Dasar’, Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 2(3), pp. 101–105. Available at: https://doi.org/10.24036/4.32130.

Rahmawati, L.E. et al. (2015) ‘Urgensi Literasi Komunikasi Dalam Pengembangan Tes Kompetensi Berbahasa Indonesia Untuk Mahasiswa Asing’, The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching, 1(1).

Ritonga, A.S. (2017) ‘Asimilasi Budaya Melayu terhadap Budaya Pendatang di di Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru’, Jom Fisip, 4(2), pp. 1–13.

Sulistiyowati, E. (2013) ‘Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia’, Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), pp. 311–330. Available at: https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.756.

Syamsuadi, A. (2018) ‘Membangun Demokrasi Pemerintahan di Riau dalam Perspektif Budaya Melayu’, Jurnal Dinamika Pemerintahan, 1(1), pp. 1– 10.

Thamrin, H. (2014) ‘Revitalisasi Kearifan Lokal Melayu Dalam Menjaga Harmonisasi Lingkungan Hidup’, TOLERANSI: Media Komunikasi Umat Beragama, 6(1), pp. 90–106

Winoto, Y. (2022) ‘Peranan Literasi Informasi Para Siswa Dalam Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Pandemik Covid-19’, Dharmakarya, 11(2), p.159. Available at: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v11i2.32435. Yusri, A. (2013) ‘Relasi Kekuasaan Dalam Budaya Melayu Riau’, Jurnal Demokrasi & Otonomi Daerah, 11(2), pp. 71–80.

Ummul Khair. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra. Jurnal Pendidikan Dasar vol. 2, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v17i4.3808

Article Metrics

Abstract view : 62 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.