PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menulis teks peristiwa terkini atau teks berita siswa kelas VIII sekolah MT Darul Arifin tahun ajaran 2021-2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitiannya adalah 20 siswa pada kelas eksperimen dan 20 siswa pada kelas kontrol. Pengukuran hasil belajar siswa mengandalkan alat penelitian berupa tes subjektif berbentuk esai. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa menulis teks peristiwa terkini dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya hasil perhitungan pengujian hipotesis post-test melalui uji-t pada taraf signifikansi 0,05 dimana thitung>ttabel (2.864154>1.721296296). Hasil tersebut didukung dengan rata-rata nilai siswa pada kelas Contextual Teaching and Learning sebesar 84,25 sedangkan kelas reguler memperoleh nilai sebesar 79,5. Hasil ini menunjukkan kinerja siswa yang lebih baik pada model belajar mengajar kontekstual.
Kata Kunci : Model Pembelajaran kontekstual, Teks Berita, Kemampuan menulis
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Revisi V. P.T. Rineka Cipta.
Djaramah, Syaiful Bahri. 2013. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Jakarta : Rineka Cipta
Ashadi Siregar, dkk. 2012. Bagaimana Meliput dan Menulis Berita untuk Media Massa. Yogjakarta: Kanisius.
Masri Sareb Putra. 2006. Teknik Menulis Berita & Feature. Indonesia: PT. Indeks.
Melvin Mencher’s. 2006. News Reporting and Writing. New York: McGraw-Hill.
Rizkia Auliani. “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Menggunakan Media Audio Visual Siswa Kelas Viii Semester Ii Smp 2 Tangerang Selatan Tahun Pembelajaran 2013-2014†. Skripsi, Jakarta UIN Syarif Hidayatullah. 2015.
Slameto. 2015. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.
Suryabrata, Sumad. 2014. Meteodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafind.
Tarigan, Hendry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Husnul Nisak Ruwah, Dkk. 2020. Statistik Deskriptif. Banten : Unpam Pres.
DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v17i4.3702
Article Metrics
Abstract view : 166 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 102 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Warta Dharmawangsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.