PENGEMBANGAN POLA PERJALANAN DAN AKTIVITAS WISATAWAN PADA DAYA TARIK WISATA DI KOTA MALANG

Irwan Yulianto, Andini Risfandini, Sagita Anas Sifa

Abstract


Tujuan dari penelitan ini adalah untuk membuat pola perjalanan wisata heritage, wisata budaya, wisata kuliner dan wisata Intangible serta aktivitas wisatawan pada daya tarik sehingga menghasilkan suatu rekomendasi untuk wisatawan yang berkunjung di Kota Malang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, variabel aktivitas ada dua jenis kegiatan meliputi aktivitas budaya dan minat khusus. Pada penelitian yang dilakukan terdapat indikator aktivitas wisatawan yaitu aktivitas budaya seperti melakukan kunjungan budaya ke kampung budaya, melakukan wisata kuliner dan melakukan wisata ke museum. Indikator aktivitas wisata minat khusus terdiri dari wisata heritage seperti melakukan perjalanan yang sudah disediakan oleh operator wisata lokal seperti mengunjungi bangunan / landmark bersejarah. Teknik pengumpulan data mengunakan kuesioner daring. dan wawancara.Sampel dilakukan dengan mencari responden yang memiliki usia 17-50 tahun dan pernah melakukan perjalanan wisata ke Kota Malang. Dari hasil penelitian dapat diperoleh bahwa pola perjalanan wisatawan yang menggunjungi kota Malang khususnya tempat tujuan wisata dengan pola perjalanan Base Site dan Chaining Loop. Bisa di lihat bahwa wisatwan memilih Base Site seperti menggunjungi bangunan bersejarah dan melakukan kunjungan ke tempat tujuan lainnya yang masih dalam kawasan yang sama.Pola perjalanan yang kedua adalah Chaining Loop yang mana wisatawan melakukan perjalanan memutar tanpa mengulangi rute yang sama, dan wisata yang dipilih oleh wisatawan yaitu wisata budaya, wisata kuliner dan wisata intangible,  seperti menggunjungi kampung budaya polowijen dan kampung heritage kayutangan atau menggunakan kuliner sebagai tempat tujuan yang akan mereka kunjungi seperti sate kelapa, sate gebug, lodeh hingga soto.Aktivitas wisatawan lebih melakukan aktivitas wisata budaya dan wisata minat khusus seperti menikmati kearifan local berupa kuliner dan berbaur dengan budaya yang berada di Masyarakat seperti belanja di pasar tradisional. Fakta menarik yang muncul adalah wisatawan lebih nyaman dan menikmati berada di kota Malang adalah perpaduan budaya dan urban tourism yang menjadi daya tarik.

Kata Kunci: Pola Perjalanan, Aktivitas Wisatawan, Wisata Heritage, Wisata Budaya, Wisata Kuliner


Keywords


Pola Perjalanan, Aktivitas Wisatawan, Wisata Heritage, Wisata Budaya, Wisata Kuliner

References


Emron Edison, er. al. (2018). Materi Seminar Pola Perjalanan Indonesia. STIE Pariwisata Yapari.

Estikowati, I. Y. (2022). The existence of the community of historical interest in the effort of preserving the cultural conservation of Malang City. Pesona Jurnal Pariwisata, 334-340.

Fatmawati, Rizki Agung Novariyanto. (2019). PENGEMBANGAN DESAIN DANANALISIS “STREET ART†DALAM PERSPEKTIF INTERAKSIONIS SIMBOLIK (Studi Masyarakat Urban di Kota Malang). Jurnal Mitra Pendidikan Vol 3 No 1, 151-158.

Kiki Savira, et al. (2021). Analisis Pola Perjalanan dan Aktivitas Wisatawan Indonesia Milenial Ke Singapura. Jurnal IPTA ( Industri Perjalanan Wisata ), 1-10.

Oppermann, M. (1995). A Model of Travel Itteneraries. Journal of Travel Research 33, 78-84.

Pratama, Aditya Maulana, et al. (2020). Analisis Pola Perjalanan dan Aktivitas Wisatawan Milenial Mancanegara yang berkunjung ke Daya Tarik Wisata di Desa Pecatu Kab. Badung. IPTA Vol 8.

Stanny Dhamayanty et. al. (2022). Perencanaan Pola Perjalanan Wisata Heritage di Kota dan Kabupaten Cirebon. JETT Journal of Event, Travel & Tour Management, 45-54.

Utami,et al. (2019). Pola pergerakanSpasial Wisatawan yang Berkunjung ke Candi Borobudur. Jurnal Bumi Indoneia UGM.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v17i4.3656

Article Metrics

Abstract view : 104 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.