Hubungan Adversity Quotient dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Noviyana Wulandari, Noviana Dini Rahmawati, Muhtarom Muhtarom, Lis Purwantini

Abstract


ABSTRAK - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Adversity Quotient dan hasil belajar peserta didik di kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif non-experimen. Terdapat sampel 28 orang peserta didik diambil dengan menggunakan convenience sampling. Data Adversity Quotient diperoleh dari pengisian angket Adversity Responsive Profile dengan 30 pernyataan yang diberikan. Data hasil belajar peserta didik diperoleh dari penilaian peserta didik. Data dianalisis menggunakan uji normalitas one sample Kolmogorov Smirnov test untuk melihat persebaran data dan uji korelasi pearson untuk hubungan Adversity Quotient dan hasil belajar peserta didik. Hasil analisis menunjukan koefisien korelasi antara Adversity Quotient dan hasil belajar peserta didik sebesar 0.650 dan rtabel = 0,3739 maka rhitung rtabel. Taraf signifikan 0,000 , terdapat hubungan yang signifikan antara Adversity Quotient dan hasil belajar peserta didik. Perolehan data tersebut menunjukkan adanya hubungan Adversity Quotient dan hasil belajar yang kuat dan signifikan antara Adversity Quotient dan hasil belajar peserta didik.


Keywords


hubungan, Adversity Quotient, hasil belajar



DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v17i3.3491

Article Metrics

Abstract view : 72 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Warta Dharmawangsa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.