REBRANDING BANK KB BUKOPIN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE PERUSAHAAN

Radyta Ahmad Burhanuddin, Bambang Wahyudi Wicaksono, Indriati Yulistiani, Fahmi Pamungkas Hanafiah

Abstract


Perubahan merek (rebranding) adalah proses pemberian nama merek baru atau identitas baru pada perusahaan yang sudah ada tanpa perubahan berarti dari benefit yang ditawarkan oleh perusahaan. Perubahan merek dimaksudkan untuk meningkatkan nilai perusahaan atau produk yang dilakukan dengan mengganti nama, warna, simbol atau logo, dan slogan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah apa saja yang dilakukan Bank KB Bukopin dalam melakukan rebranding dalam membangun brand image di KB Bukopin. Pendekatan baru terhadap brand image melalui proses attributes, benefits, dan brand attitude. dinilai sangant efektif untuk membangun brand image karena lebih membantu konsumen dalam memilih suatu brand.

 Tujuan yang mendalam dari penelitian adalah menganalisis rebranding dalam membangun brand image Bank KB Bukopin. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif analisis, di mana data diperoleh melalui wawancara dan pengamatan dengan menarik kesimpulan. Teknik triangulasi data yang digunakan adalah menggunakan informasi dari berbagai data narasumber.

 Hasil penelitian proses rebranding yang dilakukan Bank KB Bukopin ditandai dengan adanya perubahan logo dan tagline perusahaan, hal ini mengarah pada perubahan brand dan repositioning brand. Bank KB Bukopin dinyatakan rebranding pada tanggal 23 Februari 2021, setelah mendapatkan pernyataan efektif dari OJK. Target audiens Bank KB Bukopin adalah konsumer dan juga UMKM. Bank KB Bukopin menyasar nasabah kalangan milenial terlihat dari aktivitas rebranding yang dilakukan perusahaan dengan menghadirkan layanan produk yang inovatif dan perubahan pada logo serta tagline yang diciptakan untuk menyampaikan citra positif pada Bank KB Bukopin.


References


Tim Institute of Company In India, (2012) Foundations Program Bisnis Manajemen Etnik and Communication India: The Company Sekretaris on India.

Chaniago, A. (2017). Monograf Penerapan Mutu Pelayanan dan Corporate Rebranding Ciptakan Pelanggan Loyal. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.

Wurjanto Nopijantoro, Taufik Raharjo, Ambang Aries Yudanto, (2020) Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Politeknik Keuangan Negara STAN.

Agus Hermawan, (2012). Komunikasi Pemasaran. Erlangga, Jakarta.

Kurniasari, (2011) Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Keputusan Pasien Berobat Rawat Inap di RSUD Moewardi Jebres. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Darren Coleman, (2018). Building Brand Experiences A Practical Guide to Retainingbrand Relevance, India: Kogan Page.

Laurent Muzellec, dan Mary Lambkin, (2011) Corporate Rebranding: Destroying, Transfering or Creating Brand Equity, European Journal of Marketing, 803-824.

Mari Juntunen, (2011) Corporate Rebranding Processes In Small Companies A Multiple Case Study From The B2b Software Industry, Qulu: University of Oulu, Oulu Business School, Department of Marketing.

Tim Conlon, (2015) Roadmap for a REIT IPO A Summary Guide to Going Public, US Real Estate: PWC.

Keller, K. L., Parameswaran, M. G., & Jacob, I. (2011). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity. Pearson Education India.

Albi Anggito dan Johan Setiawan, (2018) Metodologi Penelitian Kualitatif, CV. Jejak, Sukabumi,.

Muh. Fitrah, dan Luthfiyah, (2018) Metodologi Penelitian;Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus, CV Jejak, Sukabumi.

Bungaran Antonius Simanjuntak dan Soedjito Sosrodihardjo, (2014) Metode Penelitian Sosial (edisi revisi), Yayasan Pustaka Obor Indonesia, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v17i3.3447

Article Metrics

Abstract view : 560 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 284 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.