Konsep Kreatif Virtual Event Dalam Penyelenggaraan PKKMB Universitas Potensi Utama Tahun 2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan konsep kreatif virtual event pada pelaksanaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Potensi Utama tahun 2022. Pelaksanaan virtual event ini menggunakan metode hybrid. Teknik yang digunakan pada virtual event ini melalui tahapan kreatif yang terdiri perencanaan dan koordinasi, desain model infrastruktur, desain konsep art, implementasi, dan evaluasi. Adanya konsep kreatif bertujuan untuk menghasilkan event yang lebih interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa virtual event ini menggunakan beberapa peralatan untuk mendukung proses teknis pada saat event berlangsung. Untuk menghasilkan tampilan visual yang komunikatif dan interaktif, dilakukan proses desain dan perancangan infrastruktur. Proses desain dilakukan untuk menghasilkan konsepart yang lebih inovatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian secara kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alfathoni, M. A. M., Triadi, S., & Azmi, N. (2022). Strategi Kreatif Proses Produksi Program Acara Lentera Upu. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin, 05(02), 188–197. Http://Www.Journal.Geutheeinstitute.Com.
Astuti, Y. D. (2015). Dari Simulasi Realitas Sosial Hingga Hiper-Realitas Visual. Komunikasi Profetik, 8(2), 15–25.
Audi, G., Utomo, B., & Kuntjara, A. P. (N.D.). Studi Perbandingan Teori Dan Praktik Produksi Concept Art.
Cangara, H. Hafied. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. Pt Raja Grafindo Persada.
Dwi Kusuma, C. L. (2013). Evaluasi Event “X†Di Yayasan “Y.†E-Komunikasi, 1(1), 1–11.
Eaves, J. (2014, July 16). Concept Art Pdf. Gumroad. Https://Jackeavesart.Gumroad.Com/L/Yttjt.
Hidayat, E., Susilo, D., & Garcia, E. M. A. (2021). Handling Covid-19 In Sampang: Leadership And Local Elite Public Communication Strategy. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal Of Communications Studies), 5(2), 319–335. Https://Doi.Org/10.25139/Jsk.V5i2.3613
Howard, M. (2021, May 24). The Complete Guide To Virtual Events In 2021. Website: Https://Www.Cvent.Com/En/Blog/Events/Virtual-Events.
Isyak, F. M., & Wijaksono, D. S. (2021). Proses Manajemen Virtual Event Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus The 43 Rd Jazz Goes To Campus Virtual Festival Universitas Indonesia) Virtual Event Management Process During The Covid-19 Pandemic (Case Study Of The 43rd Jazz Goes To Campus Virtual Festival University Of Indonesia). E-Proceeding Of Management, 8(6).
Kholik, A., Armenitha, C., & Lika, I. L. (N.D.). Strategi Event Virtual Untuk Membangun Customer-Relationship Oleh Humas Di Lembaga Pendidikan.
Kurniawati, L. (2019). Pemanfaatan Teknologi Video Streaming Di Lpp Tvri Jawa Barat. Jurnal Komunikasi, 10(1), 10–18. Http://Ejournal.Bsi.Ac.Id/Ejurnal/Index.Php/Jkom
Pradhana, F. R., Karaman, J., & Andriyanto, S. (2016). Optimalisasi Penggunaan Efek Chroma Key Pada Video Dengan Menggunakan Metode Dual Layer Green Screen. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2016.
Qorib, A., & Zaniyati2, H. S. (2021). Penggunaan Open Broadcast Software Studio Dalam Mendesain Video Pembelajaran Era Pandemi. 12. Https://Doi.Org/10.36835/Syaikhuna.V12i1.4320
Rusniati, & Haq, A. (2014). Perencanaan Strategis Dalam Perspektif Organisasi. Jurnal Intekna, 2, 102–209.
Saputra, W. E. (2020). Pengaruh Pengorganisasian Dan Koordinasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kementerian Agama Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Timur. Edunomika, 04(02), 1–11.
Seraphin, H. (2021). Covid-19: An Opportunity To Review Existing Grounded Theories In Event Studies. Journal Of Convention & Event Tourism, , 22(1), 3–35.
Setiawan, A., Dwi Waluyanto, H., Triwahyudi, A., & Studi Desain Komunikasi Visual, P. (N.D.). Perancangan Entertainment Concept Art Berdasarkan Novel The Scar Karya China Mieville.
Sox, C. B., Crews, T. B., & Kline, S. F. (2014). Virtual And Hybrid Meetings For Generation X: Using The Delphi Method To Determine Best Practices, Opportunities, And Barriers. Journal Of Convention And Event Tourism, 15(2), 150–169. Https://Doi.Org/10.1080/15470148.2014.896231
Sudarman, D. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif. Pustaka Setia.
Sya’dian, T., Alfathoni, M. A. M., Purba, R., Giovani, & Paimin, Y. (2022). Strategi Kreatif Content Creator Potensi Utama Dalam Memproduksi Video Obrolan Bisnis Dan Kewirausahaan (Obkan). Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 2(1), 33–40. Https://Doi.Org/10.47233/Jkomdis.V2i1.61
Ton, H. N. N., & Le, N. K. (2021). Best Practices For Virtual Events During The Covid-19 Pandemic - Focusing On Attendee Engagement. Advances In Social Sciences Research Journal, 8(7), 103–118. Https://Doi.Org/10.14738/Assrj.87.10369
Wreford, O., Williams, N. L., & Ferdinand, N. (2019). Together Alone: An Exploration Of The Virtual Event Experience. Event Management, 23(4), 721–732. Https://Doi.Org/10.3727/152599519x15506259855625
DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v17i3.3286
Article Metrics
Abstract view : 163 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 116 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Warta Dharmawangsa
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.