FENOMENA CONTENT CREATOR DI KALANGAN REMAJA CITAYAM FASHION WEEK
Abstract
ABSTRAK - Viralnya video kegiatan para remaja yang berasal dari daerah Depok, Citayam dan Bojong Gede di media sosial TikTok yang diwawancarai dengan menggunakan pakaian yang fashionable membuat istilah Citayam Fashion Week makin dikenal. Dengan viralnya kawasan Dukuh Atas, banyak remaja yang pada akhirnya mendatangi kawasan tersebut untuk melihat kegiatan Citayam Fashion Week. Hal ini menjadi fenomena tersendiri bagi para content creator ‘jalanan’. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana fenomena content creator di kalangan remaja Citayam Fashion Week dan bagaimana peranan media sosial dalam menunjang profesi content creator tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Citayam Fashion Week menghasilkan para remaja yang kreatif dan berbakat. Banyak dari mereka menghasilkan uang dengan menjadi content creator. Peranan media sosial dalam membantu para remaja menjadi content creator juga tak dapat dipandnag sebelah mata, mengingat saat ini media sosial menyuguhkan fitur-fitur yang memudahkan kita untuk membuat sebuh video dari gawai yang ia miliki,
Kata Kunci : Content creator, media sosial, Citayam Fashion Week
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v17i2.3180
Article Metrics
Abstract view : 1193 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 4271 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Warta Dharmawangsa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:
Member Of :
Diterbitkan oleh:
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Email : warta@dharmawangsa.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.