PENGARUH KEPEMIMPINAN, PENGAWASAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP DISPLIN KERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN NIAS SELATAN

Yan Piter Basman Ziraluo

Abstract


Isu yang diangkat pada penelitian ini adalah faktor-faktor yang berpengaruhterhadapdisiplin kerja pegawai pada Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Selatan. Hal ini didasarkan atas fenomena disiplin kerja pada obyek penelitian masih rendah. Secara spesifik, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, pengawasan dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Selatan.
Penelitian ini dilakukan dengan metode survey menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan honorer yang bekerja pada Dinas Pendidikan PemerintahanKabupatenNias Selatan. Memperhatikan jumlah anggota populasi dan metode analisis data, maka penelitian dilakukan dengan cara sensus yaitu meminta kesediaan seluruh anggota populasi untuk mengisikuesioner. Responden yang berpartisipasi pada penelitian ini sebanyak45 orang. Data dianalisis dengan menggunakan bantuan program SPSS.
Hasil pengujian data menunjukkan bahwa instrument penelitian adalah valid dan dapat dipercaya (reliable). Hasil pengujian asumsi klasik untuk regresi berganda menunjukkan data berdistribusi normal dan bebas dari multikolinieritas. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kepemimpinan, pengawasan dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja.Hasil uji F menunjukkan bahwa kepempinan, pengawasan dan kepuasan kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja.
Hasil penelitian ini mengkonfiirmasi dan menambah dukungan empiris atas faktor-faktor yang berpengaruh terhadap disiplin kerja. Secara praktis, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan
Jurnal Warta Edisi : 54 Oktober 2017 | ISSN : 1829 - 7463
Universitas Dharmawangsa
untuk meningkatkandisiplin kerja pegawai pada Dinas Pendidikan KabupatenNias Selatan.



DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i54.290

Article Metrics

Abstract view : 158 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 137 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Warta Dharmawangsa

Jurnal Warta Dharmawangsa Terindex pada:

     

  

     

Member Of :


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Email   : warta@dharmawangsa.ac.id


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.